YULIANI, DEWI (2021) POLA KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING SISWA SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEWI YULIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Scientific Reasoning merupakan suatu kegiatan yang menuntut untuk
mengoreksi konsep pribadi melalui sistem penyelidikan yang bergantung pada
bukti-bukti empiris untuk menggambarkan, memahami, memprediksi, dan
mengontrol fenomena alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola
Scientific Reasoning Siswa SMA Negeri di Kota Semarang. Penelitian
dilaksanakan di lima SMA Negeri di Kota Semarang. Populasi penelitian yaitu
siswa kelas XI MIPA sebanyak 305 siswa. Metode yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan tes Scientific Reasoning yang diadaptasi dari Lawson
2000.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Scientific Reasoning
siswa SMA di Kota Semarang termasuk dalam kategori ―Cukup‖. Persentase
kemampuan Scientific Reasoning yaitu kategori ―Sangat baik‖ (12%), kategori
―Baik‖ (32%), kategori ―Cukup‖ (50%), kategori ―Kurang‖ (5%), kategori
―Sangat Kurang‖ (1%). Kesimpulan yang dapat diambil yaitu Pola Kemampuan
Scientific Reasoning Siswa SMA di Kota Semarang ―Bervariasi‖ dan berada pada
kategori ―Cukup‖. Siswa SMA di Kota Semarang memiliki kemampuan penalaran
ilmiah yang cukup.
Kata kunci : Scientific Reasoning, Siswa SMA Negeri di kota Semarang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:26 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6135 |