PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 KELAS II SDN DUREN

ANGGRAENI, DEWI PRATIWI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 KELAS II SDN DUREN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DEWI PRATIWI ANGGRAENI.pdf] Text
DEWI PRATIWI ANGGRAENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang
digunakan pendidik sehingga muncul kejenuhan dan kurangnya minat siswa
dalam pembelajaran. Siswa merasa sukar dalam mengikuti mata pelajaran dan
sulit untuk dipahami dan diingat serta membosankan. Penelitian ini dilakukan
untuk (1) mengetahui produk pengembangan media Smart Card, dan (2)
mengetahui kevalidan produk pengembangan media Smart Card. Instrument yang
digunakan pada penelitian ini adalah angket yang disesuaikan dengan kebutuhan.
Instrument yang digunakan tersebut (1) angket validasi ahli materi, (2) angket
validasi ahli media, (3) lembar observasi, (4) pedoman wawancara guru, dan (5)
pedoman wawancara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran Smart Card dengan menggunakan metode metode Contextual
Teaching and Learning (CTL) pada Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 1 pada kelas
II SDN Duren. Penelitian in juga dilakukan untuk mengetahui respon siswa
terhadap media pembelajaran Smart Card pada tema ini. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan berdasrkan
Sugiono. Hasil data in merupakan respon dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian,
hasil validasi ahli materi diperoleh data presentase 86% dengan kriteria “sangat
baik”. Kemudian hasil dari validasi ahli media dengan presentase 89,33% dengan
kriteria sangat baik. Didukung oleh angket dari 2 guru diperoleh presentase
63,33% dengan kriteria “sangat baik”, serta angket dari siswa dengan presentase
83,33%. Hal ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan layak unutk
digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan media, media pembelajaran, Smart Card

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:16
Last Modified: 23 Oct 2024 02:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item
View Item