PUTRI, RAMADHANI ARISTA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT TEMATIK BERBASIS ANDROID KELAS IV TEMA 2 SUBTEMA 1 SISWA SDN SAWAH BESAR 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_RAMADHANI ARISTA PUTRI_17120235.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
RAMADHANI ARISTA PUTRI. NPM 17120235. “Pengembangan Perangkat
Tematik Berbasis Android Kelas IV Tema 2 Subtema 1 Siswa SDN Sawah Besar
01 Semrang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Husni Wakhyudin,
S.Pd., M.Pd. pembimbing II Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan iniadalah
kurangnya penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran tematik kurikulm
2013 yang inovatif di sekolah dasar terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan
teknologi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kevalidan
perangkat pembelajaran tematik yaitu RPP Tematik dan Media Tematik Berbasis
Android pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi?, 2)
Bagaimana penerimaan guru dan siswa terhadap perangkat tematik pada tema 2
selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi bagi peserta didik kelas IV?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
kevalidan dan penerimaan pengembangan perangkat tematik pada tema 2 subtema
1 pembelajaran 1. Subjek penelitian pada uji coba lapangan dilakukan pada kelas
IV SDN Sawah Besar 01 Semarang dengan jumlah peserta didik 28
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang
digunakan untuk menghasilkan produk sekaligus menguji kelayakan produk yang
dikembangkan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan pedoman wawancara dan angket, sedangkan
untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Perangkat tematik
dilakukan berdasarkan langkah-langkah model pengembangan ADDIE.
Hasil validasi penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat tematik
berbasis android tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 kelas IV Sekolah Dasar
dikatakan layak dan diterima untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Persentase skor hasil validasi RPP Tematik secara keseluruhan memperoleh nilai
persentase 98% dengan kriteria “sangat layak”, skor hasil validasi media
memperoleh nilai persentase 93% dengan kriteria “sangat layak” dan skor hasil
validasi materi memperoleh nilai persentase 90% dengan kriteria “sangat layak”.
Adapun hasil angket penerimaan guru terhadap perangkat tematik oleh guru kelas
memperoleh nilai persentase 91% dengan kriteria “sangat baik” dan perolehan
persentase angket penerimaan siswa terhadap media tematik berbasis android
memperoleh nilai persentase 93%.
Kesimpulan produk perangkat tematik yaitu RPP dan Media Tematik
Berbasis Android yang dikembangkan sangat layak, diterima dan praktis
digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Tema 2 “Selalu Berhemat
Energi” Subtema 1 “Sumber Energi” Pembelajaran 1 bagi Kelas IV Sekolah Dasar
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Tematik, Media Tematik Berbasis
Android, Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:09 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6124 |