PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

HIKMAH, DEWI NURUL (2021) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dewi Nurul Hikmah.pdf] Text
Dewi Nurul Hikmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa SMK ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa
SMK kelas X yang telah terpilih yait kelas X TPMI. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket digunakan untuk menentukan subjek yang akan
digunakan dalam penelitian, tes dan wawancara digunakan untuk mengukur
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari kecerdasan
emosional. Analisis penelitian ini diuji keabsahan data kualitatif dengan
menggunakan triangulasi sumber. Subjek penelitian ini meliputi enam siswa kelas
X yaitu dua siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, dua siswa yang
memiliki kecerdasan emosional sedang, dan dua siswa yang memiliki kecerdasan
emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki
kecerdasan emosinal tinggi mampu memahami masalah, merencanakan
pemecahan masalah, melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa
kembali pemecahan masalah. Siswa yang memiliki kecerdasan emosinal sedang
cukup mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah,
melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan
masalah. Sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosinal rendah mampu
memahami masalah, tetapi belum mampu merencanakan pemecahan masalah,
melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan
masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat
kecerdasan emosional dalam siswa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan
masalah matematis. Dan dengan adanya penelitian ini disarankan untuk guru
melatih siswa dalam memahami karakteristik diri berdasarkan kecerdasan
emosionalnya, sehingga mampu mengembangkan kemampuan pemecahan
masalah matematis yang dimilikinya.
Kata kunci : Profil, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan
kecerdasan emosional siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:07
Last Modified: 23 Oct 2024 02:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item
View Item