ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 SDN DRESI WETAN KECAMATAN KALIORI REMBANG

IRHAMA, IRA SAFIRA (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 SDN DRESI WETAN KECAMATAN KALIORI REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IRA SAFIRA.pdf] Text
IRA SAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

IRA SAFIRA IRHAMA. NPM 17120137. “Analisis Pembelajaran Daring
dimasa Pandemi Covid-19 Kelas 5 SDN Dresi Wetan Kecamatan Kaliori
Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya pandemi
Covid-19 memberikan dampak pada banyak pihak, salah satunya pada
pendidikan. Sehingga pemerintah memberikan kebijakan untuk melaksanakan
pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Dengan kebijakan tersebut banyak
faktor yang menghambat dalam pelaksaaan pembelajaran daring, dan memberikan
dampak kepada guru, orang tua dan siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan
penelitian untuk melihat hambatan, solusi dan juga harapan dalam pembelajaran
daring selama masa pandemi COVID-19.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran
daring dan analisis dampak dari pembelajaran daring (dalam jaringan) dimasa
pandemi Covid-19 pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Dresi Wetan Kecamatan
Kaliori Rembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pelaksanaan pembelajaran daring dan menganalisis dampak dari pembelajaran
daring pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Dresi Wetan Kecamatan Kaliori
Rembang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi. Subjek yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wali kelas V, siswa kelas V SDN Dresi
Wetan, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji
kredibilitas data, meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan
pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial.
Hasil dari penelitian ini adalah pandemi Covid-19 membawa dampak
yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya
dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring.
Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksanakan pembelajaran.
Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar dirasa kurang
efektif. Ada beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring
yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain
adanya faktor yang mendukung dalam pembelajaran daring terdapat juga
beberapa faktor penghambat guru dalam pembelajaran daring. Faktor
penghambat tersebut diantaranya adalah belum semua peserta didik memiliki
handphon, guru kurang menguasai teknologi, dan masih banyak orang tua sibuk
bekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:06
Last Modified: 23 Oct 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item
View Item