RIZQI, DEWI NIDAYATUL (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN STRATEGI WRITING IN THE HERE AND NOW PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEWI NIDAYATUL RIZQI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
DEWI NIDAYATUL RIZQI. NPM 18126002. “Peningkatan Keterampilan
Menulis Karangan Narasi Melalui Penerapatan Strategi Writing In The Here
and Now Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang, 2020. Skripsi ini dibimbing oleh Ibu Mei Fita
Asri Untari, S.Pd.,M.Pd dan Ibu Ikha Listyarini, S.Pd.,M.Hum.
Latar belakang penelitian ini adalah menulis merupakan kegiatan yang
paling sering dilakukan oleh setiap orang. Menulis membutuhkan keterampilan
khusus yang harus dipelajari dan senantiasa dilatih. Menulis memerlukan
keterampilan tambahan bahkan motivasi tambahan pula, hal ini dikarenakan
menulis bukan bakat karena tidak semua mampu untuk menulis. Apalagi menulis
karangan narasi yang memerlukan konsentrasi penuh dalam membuatnya.
Pembelajaran menulis khususnya menulis pengalaman pribadi bertujuan agar
siswa terampil dalam menuliskan gagasan, ide, pikiran, serta dapat menggunakan
kalimat efektif dengan bahasa yang baik dan benar. Dalam proses pembelajaran
menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas III SD
masih sangat kurang karena dalam penggunaan tata bahasa yang baik dan benar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek utama
penelitian ini adalah siswa siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang.
Penelitian ini mengambil sampel 29 siswa. Teknik pengumpulan data berupa
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan dalam
keterampilan menulis karangan narasi kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang.
Hal diatas dapat dilihat dari peningkatan keterampilan menulis karangan narasi
siswa yaitu nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 62,52 kemudian pada
siklus I menjadi 69,38 dan pada siklus II menjadi 77,52. Jumlah siswa mampu
mencapai KKM ≥ 65 pada pra siklus ada 11 siswa, pada siklus I ada 27 siswa, dan
pada siklus II ada 29 siswa. Presentase ketuntasan pada pra siklus yaitu 38%,
siklus I yaitu 93% dan siklus II yaitu 100%. Sehingga pada siklus II sudah lebih
mencapai kriteria 75% siswa mencapai KKM ≥65 dan seluruh siswa sudah
mencapai KKM semua sehingga guru tidak perlu melakukan remidial. Selain itu
keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai
dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan
mengemukakan pendapat.
Kata kunci : Keterampilan Menulis Karangan, Strategi Writing In The Here
and Now.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6119 |