EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SUSTAINABILITY PADA PEMBELAJARAN MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN FENOMENA ILMIAH DAN KREATIVITAS SISWA SMA

AENI, PUJI TRI HIKMAHTU’ (2021) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SUSTAINABILITY PADA PEMBELAJARAN MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN FENOMENA ILMIAH DAN KREATIVITAS SISWA SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_PUJI TRI HIKMAHTU'AENI_17320035.pdf] Text
SKRIPSI_PUJI TRI HIKMAHTU'AENI_17320035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan
proyek, model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran inovatif yang
melibatkan kerja proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan
kemampuan literasi sains dan ketercapaian kreativitas siswa melalui materi yang
lebih kontekstual dengan kehidupan diharapkan akan memberi manfaat kepada
siswa tentang sikap dan gaya hidup untuk menyikapi suatu masalah di masa
sekarang ataupun masa depan sesuai dengan visi Education for Sustainable
Development. Metode penelitian ini menggunakan PreExperimental Design
dengan bentuk desain one-group pretest posttest design. Jenis teknik sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purpossive Sampling. Penelitian
dilakukan berupa pretest dan posttes yang berbentuk uraian PISA untuk mengukur
kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah siswa kelas X IPA 5. Hasil penelitian
yang telah dilakukan menunjukkan terdapat efektifitas model project based
learning berbasis sustainability pada materi virus untuk meningkatkan literasi
sains pada kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah dan kreativitas siswa di
kelas X IPA 5 SMA N 3 Brebes dapat dilihat dari nilai N-Gain sebesar 0,63 dalam
kategori sedang. Ketercapaian kreativitas siswa didapatkan data bahwa rata-rata
78,4% sebanyak 29 orang di kelas X IPA 5 dalam kategori sangat baik. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara literasi sains dalam menjelaskan
fenomena ilmiah dan kreativitas siswa pada materi virus di kelas X IPA 5 SMA N
3 Brebes.
Kata Kunci: Fenomena Ilmiah, Kreativitas, Project Based Learning,
Sustainability

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:05
Last Modified: 23 Oct 2024 02:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item
View Item