Sefi, Dewi Meliya (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEWI MELIYA SEFI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas
VIII dengan Self-Confidence yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika
pada materi SPLDV. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian
kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 13
Semarang tahun ajaran 2020/2021 dan dipilih dengan cara purposive sampling. Subyek
dalam penelitian ini yaitu 2 siswa kemampuan literasi matematika dengan Self-
Confidence rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket Self-
Confidence, tes,wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan verification. Validitas data yang
digunakan yaitu triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Dalam penelitian ini digunakan
software QSR Nvivo guna membantu mengolah dan menganalisis data hasil penelitian.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan subyek kategori rendah mampu merumuskan
masalah secara matematis, kurang mampu dalam menerapkan konsep, fakta, prosedur dan
penalaran, kurang mampu dalam menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil
perhitungan.
Kata kunci: Literasi Matematika, Self-Confidence Rendah, Penyelesaian Masalah
Matematika
ABSTRACT
This study aims to analyze the mathematical literacy ability of class VIII students with
different Self-Confidence in solving mathematical problems in the SPLDV material.
Based on these objectives, this research is a descriptive qualitative research. Data
collection was carried out on class VIII students at SMP Negeri 13 Semarang for the
2020/2021 academic year and selected by purposive sampling. The subjects in this study
were 2 students of mathematical literacy ability with low Self-Confidence. Data collection
techniques used are self-confidence questionnaires, tests, interviews and equipped with
documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data display, and
verification. The validity of the data used is triangulation of techniques, sources, and
time. In this study, QSR Nvivo software was used to help process and analyze research
data. The results in this study indicate that the low category subjects are able to
formulate problems mathematically, are less able to apply concepts, facts, procedures
and reasoning, are less able to interpret, apply and evaluate the results of calculations.
Keywords: Mathematical Literacy, Low Self-Confidence, Mathematical Problem
Solving
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6116 |