ULFA, IRA MARIA (2021) APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IRA MARIA ULFA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Pengenalan tokoh wayang kepada siswa sekolah dasar sedikit sulit untuk
dilakukan, dikarenakan siswa kurang tertarik dengan cerita dan tokoh wayang itu
sendiri. Salah satu perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu
teknologi Augmented Reality (AR) yang mana dapat dimanfaatkan untuk media
pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan
sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan wayang kulit berbasis multimedia
dengan teknologi Augmented Reality (AR). Dalam aplikasi pembelajaran
pengenalan wayang kulit ini juga menerapkan algoritma Linear Congruent
Method (LCM) sebagai metode pengacakan soal. Pengujian pertama adalah
pengujian blackbox yang diperoleh persentase 100% yang artinya aplikasi layak
digunakan dan berjalan sesuai fungsionalnya. Pengujian kedua yaitu whitebox
diperoleh cyclomatic complexity sebesar 4, karena kurang dari 10 maka dapat
dikategorikan dalam algoritma yang tidak kompleks. Pengujian ketiga adalah user
acceptance test untuk guru memperoleh persentase 88% untuk aspek desain, 92%
untuk aspek informasi aplikasi dan 90% untuk materi. Pengujian keempat adalah
kompatibilitas aplikasi, tidak ada error yang terjadi saat aplikasi dijalankan pada
beberapa versi android yang berbeda. Saran yang dapat disampaikan adalah
aplikasi dapat dikembangkan lagi ke sistem operasi windows dan sistem operasi
IOS agar bisa diinstall di berbagai platform.
Kata Kunci : Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Augmented Reality(AR),
Linear Congruent Methode (LCM)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6115 |