ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTRAVERT DAN INTROVERT

Naimah, Nur Hidayatun (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTRAVERT DAN INTROVERT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_Nur Hidayatun Naimah_ 17310106.pdf] Text
SKRIPSI_Nur Hidayatun Naimah_ 17310106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi
matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi
SPLTV pada siswa dengan tipe kepribadian extravert dan introvert. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil
dalam penelitian ini yaitu 4 siswa dari kelas X-MIPA I SMA Negeri 1 Cepiring
tahun ajaran 2021/2022, terdiri dari 2 siswa dengan tipe kepribadian extravert dan
2 siswa dengan tipe kepribadian introvert. Penentuan subjek penelitian didasarkan
pada angket tes EPQ-R. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan melalui tiga tahapan,
yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi
data. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu dilakukan dengan cara
mengecek data dari sumber yang sama dan teknik yang berbeda. Hasil tes dan
wawancara dianalisis mengacu pada indikator kemampuan komunikasi matematis.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kemampuan komunikasi matematis
siswa tipe kepribadian extravert hanya mampu mencapai satu dari tiga indikator,
yaitu merepresentasikan ide-ide matematis melalui tulisan dan lisan, namun belum
mampu mencapai indikator menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah
menggunakan ide-ide matematis dan menggambarkan hubungan-hubungan situasi
permasalahan melalui representasi matematis dan menarik kesimpulan; (2)
kemampuan komunikasi matematis siswa tipe kepribadian introvert mampu
mencapai semua indikator, diantaranya merepresentasikan ide-ide matematis
melalui tulisan dan lisan, menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah dengan
ide-ide matematis, dan menggambarkan hubungan-hubungan situasi permasalahan
melalui representasi matematis dan menarik kesimpulan.
Kata kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, EPQ-R short
scale, Extravert, Introvert

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:57
Last Modified: 23 Oct 2024 01:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item
View Item