Nasika, Devi Shinta (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Devi Shinta Nasika.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa rendah, salah satu penyebabnya
adalah perbedaan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam
memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar
auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten
Pekalongan tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI MIPA
terdiri dari 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial, dan 2 siswa
gaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket
gaya belajar, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan wawancara.
Sedangkan triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 2 siswa dengan gaya belajar visual mampu
menguasai 4 indikator atau masing-masing mampu menguasai 69,4% dan 66,67%
dari 6 indikator pemahaman konsep matematis dengan kategori sedang. 2 siswa
dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai semua indikator atau masing-
masing mampu menguasai 94,4% dan 97.2% dari 6 indikator pemahaman konsep
matematis dengan kategori tinggi. Dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik
mampu menguasai semua indikator atau masing-masing mampu menguasai 100%
dan 97,2% dari 6 indikator pemahaman konsep matematis dengan kategori tinggi.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa subjek dengan gaya belajar
auditorial dan gaya belajar kinestetik lebih banyak menguasai indikator pemahaman
konsep matematis daripada subjek dengan gaya belajar visual.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:55 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6109 |