PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD DENGAN MEDIA CERGAM (CERITA BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 3 SUB TEMA 4 “KEGIATAN MALAM HARI” SISWA KELAS I SD NEGERI MUKTIHARJO LOR

SYINA, DESY HINDUN (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD DENGAN MEDIA CERGAM (CERITA BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 3 SUB TEMA 4 “KEGIATAN MALAM HARI” SISWA KELAS I SD NEGERI MUKTIHARJO LOR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DESY HINDUN SYINA.pdf] Text
DESY HINDUN SYINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

DESY HINDUN SYINA. NPM 18126012 “Penerapan Metode Pembelajaran
Reading Aloud dengan Media Cergam (Cerita Bergambar) untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Tema 3 Sub Tema 4 “Kegiatan Malam Hari” Siswa Kelas I SD
Negeri Muktiharjo Lor”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Reading Aloud
dengan media cergam (cerita bergambar) siswa kelas I SD Negeri Muktiharjo Lor
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah metode pembelajaran
Reading Aloud dengan media cergam (cerita bergambar) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 3 Sub Tema 4 “Kegiatan Malam
Hari” Siswa Kelas I SD Negeri Muktiharjo Lor?, 2) Apakah metode pembelajaran
Reading Aloud dengan media cergam (cerita bergambar) dapat meningkatkan
ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran Tema 3 Sub Tema 4 “Kegiatan
Malam Hari” Siswa Kelas I SD Negeri Muktiharjo Lor?.Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan
ketuntasan belajar siswa melalui metode pembelajaran Reading Aloud dengan
media cergam (cerita bergambar) pada pembelajaran Tema 3 Sub Tema 4
“Kegiatan Malam Hari” Siswa Kelas I SD Negeri Muktiharjo Lor.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam
penelitian ini diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, guru dan siswa kelas
I SD Negeri Muktiharjo Lor dengan jumlah siswa 26 siswa terdiri dari 11 siswa
laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 4
tahapan, antara lain: Perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa:
(1)
Penggunaan
metode
pembelajaran Reading Aloud dengan Media Cergam (Cerita Bergambar) dapat
meningkatkan hasil belajar, dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa
yaitu nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 71,38 kemudian pada siklus I
menjadi 74,42 dan pada siklus II menjadi 81,23. Jumlah siswa mampu mencapai
KKM ≥ 75 pada pra siklus ada 15 siswa, pada siklus I ada 18 siswa, dan pada
siklus II ada 26 siswa. Presentase ketuntasan pada pra siklus yaitu 57,69%, siklus
I yaitu 69,23% dan siklus II yaitu 100%. Sehingga pada siklus II sudah lebih
mencapai kriteria 75% siswa mencapai KKM ≥75 dan seluruh siswa sudah
mencapai KKM semua sehingga guru tidak perlu melakukan remidial. Hal ini
ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab
pertanyaan, dan mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian ini saran
yang dapat disampaikan adalah supaya metode pembelajaran Reading Aloud
dengan Media Cergam (Cerita Bergambar) dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Reading Aloud, Media Cergam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:49
Last Modified: 23 Oct 2024 01:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item
View Item