ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN INFORMASI DALAM MATERI LUAS DAN VOLUME TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 3 SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG TAHUN 2020/2021

NURDIANA, INTAN (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN INFORMASI DALAM MATERI LUAS DAN VOLUME TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 3 SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG TAHUN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INTAN NURDIANA.pdf] Text
INTAN NURDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

INTAN NURDIANA. NPM 17120122. “Analisis Keterampilan Menulis
Ringkasan Informasi Dalam Materi Luas Dan Volume Tema 7 Subtema 1 Kelas 3
SDN Gayamsari 01 Semarang Tahun 2020/2021”. Skripsi. Program Study Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Dosen Pembimbing 1 Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd, Dosen Pembimbing 2
Mudzanatun, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian difokuskan pada analisis keterampilan menulis
ringkasan informasi dalam luas dan volume pada materi kubus dan balok tema 7
subtema 1 semester 2 Kelas 3 SD N Gayamsari 01 Semarang Tahun 2020/2021.
Siswa belum mampu menulis ringkasan dengan baik, karena kurangnya
pengetahuan siswa tentang cara meringkas dengan benar.
Fokus penelitian ini pada keterampilan menulis ringkasan informasi dalam
luas dan volume pada materi kubus dan balok tema. Penelitian inibertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan meringkas informasi dalam luas dan volume pada
materi kubus dan balok tema 7 subtema 1 semester 2 Kelas 3 SD N Gayamsari 01
Semarang Tahun 2020/2021. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah
informasi dan pengetahuan mengenai analisis kemampuan ringkasan informasi
dalam luas dan volume di sekolah dasar, meningkatkan keterampilan menulis
ringkasan pada kelas III sekolah dasar, menambah wawasan dan memperoleh
pengetahuan dan bekal mengenai kemampuan menulis ringkasan informasi dalam
luas dan volume di sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah adalah metode kualitatif deskriptif. Lokasi
Penelitian ini pada SDN Gayamsari 01 Semarang. Pengumpulan data pada
penelitian ini adalah wawancara, tes, dokumentasi.
Hasil penelitian secara keseluruhan bahwa kelas III SDN Gayamsari 01
Semarang belum mempu menulis ringkasan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
Berdasarkan hasil tes yaitu yang dapat menulis dengan baik 2 siswa, cukup 4
siswa, dan sangat kurang 2 siswa. Sehingga perlu adanya bimbingan dan tindak
lanjut di keterampilan menulis ringkasan siswa.
Saran yang dapat diberikan pada skripsi ini adalah guru hendaknya lebih
memeperhatikan keterampilan menulis ringkasan siswa .
KataKunci: analisis, menulis ringkasan, kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:44
Last Modified: 23 Oct 2024 01:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item
View Item