PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP 3 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SAPUTRA, DENNI AJI (2021) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP 3 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DENNI AJI SAPUTRA.pdf] Text
DENNI AJI SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Denni Aji Saputra. NPM 15410040. Penerapan Media Gambar Dalam
Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII
SMP 3 Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Suyoto, M.Pd.
dan pembimbing II Zainal Arifin, S.Pd., M.Hum. Maret 2021
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks prosedur
pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Rembang dapat berjalan dengan
efektif jika guru bisa menerapkan strategi pembelajaran, menyajikan materi dan
media yang menarik, dan dapat memantik peserta didik untuk berpikir aktif,
kreatif dan inovatif dalam berimajinasi. Dilihat dari beberapa masalah di atas,
maka memerlukan solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Cara yang bisa
dilakukan adalah melalui media gambar untuk mengetahui dan mengembangkan
kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik. Menggunakan gambar
sebagai media pemebelajaran diharapkan bisa menjadikan peserta didik lebih
kreatif dalam membuat teks prosedur, karena media gambar dapat mempermudah
peserta didik dalam merangkai kata-kata serta mengolah kata.
Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif, dengan anggota
populasi peserta didik SMP Negeri 3 Rembang berjumlah 210 orang terdiri dari 7
kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling Data pada
penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen tes dan nontes, berupa angke,
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil pembelajaran menulis teks prosedur, diperoleh nilai tertinggi 91 dan
nilai terendah 33. Nilai rata-rata sebesar 70,33 dari jumlah keseluruhan nilai yang
didapat peserta didik adalah 2110. Dengan demikian penggunaan media gambar
dalam pembelajaran menulis teks prosedur dikatakan baik.
Saran dari penulis untuk penelitian ini yaitu: Guru hendaknya
memperhatikan media pembelajaran yang menarik pada peserta didik. Pemilihan
penerapan media pembelajaran yang tepat bisa membuat proses pemebelajaran
lebih menyenangkan. Peserta didik hendaknya selalu aktif dalam mengikuti
pembelajaran di kelas dan sering berlatih menulis teks prosedur untuk
meningkatkan kemampuan menulis. Peneliti lain, diharapkan dapat dijadikan
sebagai acuan oleh peneliti lain untuk melanjutkan penelitian yang telah ada ke
arah yang lebih sempurna agar dapat meningkatkan prestasi peserta didik.
Kata kunci: Penerapan, Media Gambar, Teks Prosedur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:40
Last Modified: 23 Oct 2024 01:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item
View Item