WATI, DELLA YULIA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN DAN ARTI UNGKAPAN PADA PEMBELAJARAN DARING TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS II SD NEGERI 03 PENER PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DELLA YULIA WATI 17120297.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
DELLA YULIA WATI. NPM 17120297. “Analisis Kesulitan Belajar Dalam
Memahami Materi Ungkapan dan Arti Ungkapan Pada Pembelajaran Daring
Tema 1 Subtema 1 Kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang Tahun Ajaran
2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil peserta
didik terhadap materi ungkapan dan arti ungkapan pada pembelajaran daring tema
1 subtema 1 yang disebabkan oleh kesulitan belajar dalam memahami materi
ungkapan dan arti ungkapan.
Persepsi bahwa materi ungkapan dan arti ungkapan adalah materi yang sulit
diperkuat dengan hasil belajar yang masih rendah. Permasalahan yang dibahas
dalam penelitian ini adalah: 1) Kesulitan belajar dalam memahami materi
ungkapan dan arti ungkapan kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang, 2) Faktor-
faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam memahami materi
ungkapan dan arti ungkapan kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami peserta didik, faktor
penyebab kesulitan belajar memahami materi ungkapan dan arti ungkapan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 23 peserta didik kelas
II SD Negeri 03 Pener Pemalang yang terindikasi mengalami kesulitan belajar
memahami materi ungkapan dan arti ungkapan. Teknik yang digunakan adalah
wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami
materi ungkapan dan arti ungkapan pada pembelajaran daring tema 1 subtema 1
kelas II SD negeri 03 Pener Pemalang tahun ajaran 2020/2021 dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1). Kesulitan belajar dalam memahami materi ungkapan dan arti
ungkapan meliputi kesulitan memberi arti pada ungkapan sebanyak 11 peserta
didik, kesulitan mencari ungkapan pada teks cerita dan percakapan dan memberi
arti sebanyak 13 peserta didik, dan kesulitan membuat kalimat menggunakan
ungkapan sebanyak 16 peserta didik. Hal ini didasari dengan bukti penelitian
berupa lembar hasil pekerjaan peserta didik dan dokumentasi. 2). Faktor internal
dan eksternal, faktor internal meliputi minat belajar, kesehatan tubuh, kemampuan
penginderaan, kemampuan intelektual, sedangkan faktor eksternal meliputi variasi
guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana
sekolah, motivasi belajar dari guru, lingkungan keluarga peserta didik. Hal ini
didasari dengan bukti penelitian berupa hasil wawancara dari narasumber, angket
peserta didik dan orangtua, serta dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:19 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6088 |