PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Zulfah, Nur Arfi Aulia (2021) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_Nur Arfi A Z.pdf] Text
SKRIPSI_Nur Arfi A Z.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil kemampuan
penalaran matematis siswa kelas VII A MTs Nurul Ulum Jembayat dalam
menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan
adalah diskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil angket tes
gaya belajar, kemudian diambil tiga siswa kelas VII A MTs Nurul Ulum Jembayat
tahun ajaran 2021/2022 berdasarkan nilai UTS tertinggi dari masing-masing gaya
belajar. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa bertipe gaya belajar
visual, satu siswa bertipe gaya belajar auditorial dan satu siswa bertipe gaya
belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket gaya
belajar, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga
tahapan yaitu, tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu dilakukan dengan
mengecek data hasil tes tertulis dan wawancara.. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa subjek visual hanya memenuhi 3 indikator penalaran
matematis yaitu, mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika dan
menarik kesimpulan. Sedangkan subjek auditorial dan kinestetik memenuhi 4
indikator penalaran matematis yaitu, mengajukan dugaan; melakukan manipulasi
matematika; menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi; dan
menarik kesimpulan. Tetapi dalam mengajukan dugaan dan menyusun dan
memberikan alasan terhadap kebenaran solusi subjek auditorial lebih baik
dibandingkan subjek kinestetik.
Kata kunci: Penalaran Matematis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:20
Last Modified: 22 Oct 2024 08:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item
View Item