ANALISIS NILAI MORAL KUMPULAN CERPEN TANGAN UNTUK UTIK KARYA BAMBY CAHYADI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN CERPEN DI SMA

FERDIANA, NUKE AYU (2021) ANALISIS NILAI MORAL KUMPULAN CERPEN TANGAN UNTUK UTIK KARYA BAMBY CAHYADI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN CERPEN DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_NUKE AYU FERDIANA.pdf] Text
SKRIPSI_NUKE AYU FERDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nuke Ayu Ferdiana. NPM 16410104. Penelitian ini dilatarbelakangi, buku kumpulan
cerpen Tangan Untuk Utik karya Bamby Cahyadi terdapat gagasan dalam ceritanya yang selalu
mengejutkan dan terdapat hal-hal yang mengejutkan di akhir cerita sering terasa seperti tidak
sengaja. Pemilihan bahasa dalam cerpen ini menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana
sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Pemilihan bahan ajar cerpen tentunya harus melalui
beberapa tahap berdasarkan aspek kesesuaian nilai moral dan aspek kesesuaian isi sebagai bahan
pembelajaran teks cerpen. Dengan adanya rumusan kriteria pemilihan bahan ajar pembelajaran
sastra di SMA kelas XI diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran
sastra bagi pendidik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai moral kumpulan
cerpen Tangan Untuk Utik karya Bamby Cahyadi ? (2) Bagaimana nilai moral kumpulan cerpen
Tangan Untuk Utik karya Bamby Cahyadi sebagai alternatif pembelajaran cerpen di SMA.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam
kumpulan cerpen Tangan Untuk Utik karya Bamby Cahyadi. (2) Untuk mendeskripsikan nilai
moral kumpulan cerpen Tangan Untuk Utik karya Bamby Cahyadi sebagai alternatif pembelajaran
cerpen di SMA.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif
deskriptif. Pada penelitian ini teknik yang dipakai adalah purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik analisis kualitatif deskriptif dilakukan dengan
mendeskripsikan semua data yang diperoleh melalui kata-kata. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena data memerlukan penjelasan
secara deskriptif. Deskriptif kualitatif yaitu menganalisis dengan mendeskripsikan data yang
diperoleh dari penelitian.
Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan nilai moral dari 3 judul cerpen yaitu
“Tangan Untuk Utik”, “Tuhan Jangan Rusak Televisi Ibuku”, dan “Hadiah Untuk Ibu” terdapat
nilai moral antara lain nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, nilai moral hubungan
manusia dengan lingkungan sosial, dan nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri. Hasil
penelitian tersebut juga dapat dijadikan alternatif bahan ajar untuk materi nilai moral yang terdapat
dalam kurikulum 2013 terdapat pada Kompetensi Dasar 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai
kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Saran yang dapat penulis
sampaikan adalah bahwa guru-guru perlu memilih alternatif bahan ajar yang tepat untuk
diterapkan dalam pembelajaran cerpen di SMA agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata kunci: nilai moral, kumpulan cerpen, alternatif, pembelajaran, cerpen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:16
Last Modified: 22 Oct 2024 08:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6084

Actions (login required)

View Item
View Item