Budiyarti, Danny (2021) PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Danny Budiyarti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang
[email protected]
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan
koneksi matematis siswa dalam materi lingkaran ditinjau dari gaya
kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang diambil
adalah siswa SMP kelas IX yang telah mendapatkan materi lingkaran yang
memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent.
Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan GEFT (Group Embeded
Figure Test), tes kemampuan koneksi, dan wawancara. Teknik analisis
data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
yaitu dengan membandingkan data atau informasi dari sumber atau subjek
yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah Siswa dengan gaya kognitif FI
memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu (1)
mencari dan memahami hubungan representasi berbaga konsep dan
prosedur, (2) mencari koneksi satu prosedur ke prosedur lain dalam
representasi yang ekuivalen, (3) menggunakan matematika dalam bidang
studi lain, (4) menggunakan koneksi antar topik matematika, (5)
memahami representasi ekuivalen konsep atau prosedur yang sama. Siswa
dengan gaya kognitif FD memenuhi indikator kemampuan koneksi
matematis yaitu indikator ke (1), (3), dan (4).
Kata kunci: Profil, Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Kognitif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6074 |