PROFIL KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR AUDITORI

Indriyani, Danisa Putri (2021) PROFIL KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR AUDITORI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of danisa.pdf] Text
danisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pentingnya multi repesentasi matematis bagi siswa dalam pembelajaran yaitu salah satunya dapat
membantu siswa dalam mempelajari dan membangun suatu konsep untuk mengatasi suatu
permasalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
profil kemampuan multi representasi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa dengan gaya
belajar auditori. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini ada empat siswa dengan tipe gaya belajar auditori dari kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bangsri.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes representasi
matematis, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar
auditori berdasarkan kemampuan representasi matematis mampu menyelesaikan semua soal yang
diberikan. Dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita, subjek selalu menuliskan apa yang
diketahui dan ditanya terlebih dahulu, baru selanjutnya menjawab permasalahan soal tersebut.
Subjek menggunakan representasi visual berupa gambar ilustrasi dan tabel untuk mempermudah
dalam menjawab. Selanjutnya subjek menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan
menggunakan representasi verbal maupun simbolik sesuai yang tertulis pada soal. Subjek auditori
menyelesaikan masalah tersebut dengan melibatkan representasi simbolik (ekspresi matematis)
yaitu dengan mensubstitusikan kedalam rumus matematika. Untuk menjelaskan bagian penting
dalam soal dan menuliskan kesimpulan di akhir jawaban subjek menggunakan representasi verbal
berupa kata-kata, kalimat, atau teks tertulis.
Kata kunci: Kemampuan Multi Representasi, Soal Cerita, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:04
Last Modified: 22 Oct 2024 08:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item
View Item