PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN LITERASI DI SD NEGERI HARJAWINANGUN 02 TEGAL DI MASA PANDEMI COVID-19

DEWI, INEKE KUSUMA (2021) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN LITERASI DI SD NEGERI HARJAWINANGUN 02 TEGAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INEKE KUSUMA DEWI.pdf] Text
INEKE KUSUMA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

INEKE KUSUMA DEWI. NPM 17120042. “Penguatan Pendidikan Karakter
Melalui Kegiatan Literasi Di SD Negeri Harjawinangun 02 Tegal Di Masa
Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Prasena Arisyanto, S.Pd. M.Pd. Dosen Pembimbing II Asep Ardiyanto,S.Pd,
M.Or. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah
setelah terjadinya Pandemi Covid-19 dan perbedaan yang terjadi pada
pelaksanaan kegiatan literasi di Masa Pandemi Covid-19 ini. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan PPK Melalui Kegiatan
Literasi dan perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah pandemi pada
pelaksanaan Kegiatan Literasi di SDN Harjawinangun 02 Tegal di Masa Pandemi
Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini diperoleh
melalui sumber data yaitu kepala sekolah, guru kelas V dan 6 siswa kelas V
sebagai sampel penelitian ini. Prosedur pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode analisis datanya meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Pelaksanaan Kegiatan Literasi di SDN
Harjawinangun 02 di Masa Pandemi Covid-19 meliputi: Membaca 10-15 menit
diawal pembelajaran, Melaksanakan kegiatan literasi di lingkungan kaya akan
literasi yaitu perpustakaan sebagai tempat berliterasi, pemanfaatan buku-buku di
pojok literasi, membuat poster dan ditempel di kelas. 2). Perbedaan yang terjadi
sebelum dan sesudah Pandemi Covid-19 yaitu Kegiatan Literasi dan Pembelajaran
di kelas dilakukan dengan sistim pergiliran rombongan belajar (shift), Kegiatan
Literasi dilaksanakan dengan tetap mematuhi Protocol Kesehatan, Kegiatan
Literasi dibatasi Waktu dan Pelaksanannya.
Kesimpulannya yaitu kegiatan literasi di SD Harjawinangun 02 di Masa Pandemi
Covid-19 tetap berjalan walaupun dimasa pandemi dengan tetap mematuhi aturan
yang berlaku, namun dalam pelaksanaannya mengalami keterhambatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:06
Last Modified: 22 Oct 2024 08:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6071

Actions (login required)

View Item
View Item