HASTUTIK, DANIK PUJI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN TRAYU KECAMATAN SUMOWONO TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DANIK PUJI HASTUTIK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Danik Puji Hastutik NPM 18126011. “Implementasi Pembelajaran Daring
Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Trayu kecamatan Sumowono Tahun
Ajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pengetahuan. Universitas PGRI Semarang. Ervina Eka Subekti,
M.Pd., dan Khusnul Fajriyah, S.Pd.,
M.Pd.2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Trayu Kecamatan
Sumowono, untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pembelajaran
daring di SDN Trayu Kecamatan Sumowono dan untuk mengetahui faktor
penghambat implementasi pembelajaran daring di SDN Trayu Kecamatan
Sumowono tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa ( deskripsi ).
Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan
kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan
menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode, yaitu memeriksa
kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber.
Ditemukan secara empiris, penerapan pembelajaran daring di SDN Trayu
Kecamatan Sumowono semua guru menggunakan model pembelajaran daring
menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajarannya. Faktor
pendukung implementasi pembelajaran daring meliputi ; (1) Alat komunikasi
yang memadai, (2) Manajemen pendidikan yang baik, (3) SDM pada guru, (4)
SDM pada siswa. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran
daring meliputi ; (1) Koneksi internet, (2) Alat komunikasi yang kurang memadai,
(3) Kemampuan siswa dalam mengoperasikan WhatsApp, (4) Orangtua yang
gagap teknologi, (4) Kurangnya support belajar dari orangtua.
Dari hasil implementasi pembelajaran daring di SDN Trayu dari kelas 1-
kelas 6 hasil evaluasinya belum terlaksana dengan baik dan kurang efektif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6069 |