ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Khairunnisa, Indriani (2021) ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Indriani Khairunnisa.pdf] Text
Indriani Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis kelas
VII ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa MTs selanjutnya dipilih
berdasarkan tes motivasi belajar yaitu satu siswa dengan motivasi belajar tinggi,
satu siswa dengan motivasi sedang, satu siswa dengan motivasi belajar rendah.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner motivasi belajar, tes
tertulis berpikir kreatif matematis, dan wawancara untuk memunculkan
kemampuan berpikir kreatif matematis. Keabsahan data menggunakan triangulasi
metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa dengan motivasi belajar
tinggi mampu memnuhi indikator berpikir kreatif matematis yaitu, berpikir lancar
(Fluency), berpikir luwes (Flexibility), berpikir orisinal (Originality), dan berpikir
merinci (Elaboration). 2) siswa dengan motivasi belajar sedang hanya memenuhi
beberapa indikator berpikir kreatif matematis yaitu, berpikir lancar (Fluency),
berpikir luwes (Flexibility), dan berpikir merinci (Elaboration). 3) siswa dengan
motivasi belajar rendah hanya memenuhi satu indikator berpikir kreatif matematis
yaitu, berpikir lancar (Fluency).
Kata kunci
: Berpikir Kreatif Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:01
Last Modified: 22 Oct 2024 08:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item
View Item