ZUHRI, NAFIIS SYAHMI AL (2021) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS WALISONGO KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_NAFIIS SYAHMI AL ZUHRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Nafiis Syahmi Al Zuhri. NPM 17410101. “Keefektifan Media Audio Visual
dalam Pembelajaran Daring Teks Persuasi Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs
Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni. Pembimbing I Dr. Agus Wismanto, B.Sc., M.Pd., dan
pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penyesuaian dalam pembelajaran
yang dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19. Melihat kondisi itu, perlu
upaya mengefektifkan pembelajaran oleh pendidik, salah satunya dengan
penerapan media yang efektif dan inovatif. Termasuk dalam pembelajaran daring
teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati tahun
pelajaran 2020/2021. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring harus
efektif. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring teks persuasi pada
peserta didik kelas VIII MTs Walisongo Kayen adalah media audio visual.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan
media audio visual dalam pembelajaran daring teks persuasi pada peserta didik
kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui keefektifan media audio visual dalam pembelajaran daring teks
persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati tahun pelajaran
2020/2021.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan
dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, eksperimen yang
digunakan yaitu true experimental design yang berfokus pada post-test only
control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah cluster random sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik
kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati, sedangkan sampelnya peserta didik kelas
VIII A dan VIII C. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes
dan teknik nontes.
Berdasarkan analisis data, dapat dilihat hasil perhitungan dari uji-t
diperoleh = 2,238 dan = 1,669. Hasil perhitungan tersebut
menunjukkan bahwa , Sehingga ditolak dan diterima.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen yang
menggunakan media audio visual dalam pembelajaran daring materi teks persuasi
lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran
konvensional, sehingga hipotesis pada penelitian ini terbukti. Hasil dari observasi
juga menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual pada kelas eksperimen
lebih efektif dalam pembelajaran daring teks persuasi daripada kelas kontrol yang
menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dalat dilihat dari sikap peserta
didik pada kelas eksperimen yang lebih aktif dan berantusias mengikuti
pembelajaran daring daripada sikap peserta didik pada kelas kontrol yang pasif
dan kurang berantusias mengikuti pembelajaran daring. Hal ini berarti bahwa
media audio visual efektif dalam pembelajaran daring teks persuasi pada peserta
didik kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6062 |