E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SUBAH DENGAN REKOMENDASI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

PRASETYO, DADANG DWI (2021) E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SUBAH DENGAN REKOMENDASI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of dadang.pdf] Text
dadang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

E-commerce merupakan salah satu hasil dari layanan internet yang
perkembangannya sangat cepat dan nyata. Penelitian ini mencoba untuk
membuat E-commerce berbasis website pada objek penelitian kelompok UMKM
di Desa Subah yang basis penjualannya berupa makanan ringan. Kelompok
UMKM di Desa Subah masih memasarkan produk secara konvensional, yaitu
konsumen masih harus memesan produk melaui pesan singkat ataupun datang
langsung ke penjual. Bisnis tentu kurang kompetitif bila tidak memiliki media
pemasaran secara online seperti website. Keberadaan suatu website dapat
memperluas jangkauan dalam pemasaran produk yang dijual pada kelompok
UMKM di Desa Subah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu
sistem E-commerce yang dapat mempermudah konsumen lokal maupun non
lokal dalam mendapatkan berbagai produk UMKM Desa Subah dan membantu
meningkatkan daya penjualan serta bersaing dalam penjualan produk produk
makanan ringan dengan menggunakan E-commerce. Metode pengembangan
sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pendekatan
waterfall serta menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan
suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam
suatu dataset. Berdasarkan dari implementasi untuk memprediksi hasil penjualan
barang dengan menggunakan Algoritma apriori, menghasilkan suatu sistem yang
dapat memberikan informasi kepada pengurus kelompok UMKM desa Subah.
Dalam perhitunganya diperoleh hasil kerupuk bawang dan keripik talas
mendapat nilai support tertinggi yaitu 45,8%. Sehingga dapat digunakan
memprediksi barang yang diminati oleh konsumen dan juga dapat dimanfaatkan
untuk merencanakan stok barang yang akan datang. Berdasarakan pada
pengujian BlackBox yang didapat dari 3 dosen penguji menunjukan bahwa
tingkat keberhasilan mempunyai presentase 100% sedangkan tingkat kegagalan
mempunyai presentase 0% maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem sudah
berjalan sesuai fungsionalitas nya dan memberikan hasil sesuai yang diharapkan.
Kata Kunci : E-commerce, UMKM, Penjualan, Pemasaran, Algoritma Apriori.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:56
Last Modified: 22 Oct 2024 07:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item
View Item