PRATAMA, INDRA DIO MEI (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 MULYOHARJO PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INDRA DIO MEI PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
INDRA DIO MEI PRATAMA. NPM 15120104. “Implementasi Pendidikan
Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang” Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1 adalah Khusnul Fajriah, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing 2 adalah Ervina Eka Subekti, S.Pd., M.Pd., 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ketertarikan peneliti
pada perecanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan inklusi serta kendala yang
ada di sekolah tersebut dalam penyelenggraan pendidikan inklusi di SD Negeri 14
Mulyoharjo Pemalang.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan program
pendidikan inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang, (2) Bagaimana
pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang,
(3) Bagaimana evaluasi pendidikan inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo
Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program
pendidikan inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang, (2) Proses
implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang, (3)
Evaluasi pendidikan inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang.
Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Subjek Penelitian adalah Kepala sekolah, Guru kelas, GPK dan Peserta
didik (ABK maupun Normal) SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang. Penelitian
dilaksanakan di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Di SDN 14 Mulyoharjo Pemalang
dalam perencanaannya, yaitu : Telah bekerjasama dengan SLB dengan
mendatangkan guru khusus, Bekerjasama dengan psikolog untuk mengetahui
perkembangan dari peserta didiknya, Membuat program yang berisi kegiatan-
kegiatan peserta didik, dan melakukan rapat kenaikan kelas, (2) Proses
implementasi meliputi tenaga kependidikan, kurikulum yang digunakan dan
sarana prasaranauntuk sekolah inklusi, (3) Evaluasi pendidikan inklusi di SD
Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang dilaksanakan setiap enam bulan sekali sebelum
penerimaan rapot.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang di dapat disampaikan adalah
perluya mengadakan sosialisasi terkait pendidikan inklusi terhadap waga sekolah
dengan upaya untuk meningkatkan layanan bagi ABK, melengkapi sarana
peasarana seperti menambahkan kegiatan ekstrakulikuler, perlunya dana bantuan
dari pihak terkait untuk sekolah inklusi.
Kata Kunci: implementasi, pendidikan inklusi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6058 |