ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN PADA KONSEP SEL

MUNAWAROH, INDHY HIDAYATUL (2021) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN PADA KONSEP SEL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDHY NPM 15320109.pdf] Text
INDHY NPM 15320109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada konsep sel di
SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
SMA Negeri kelas XI MIPA di kabupaten Grobogan dengan jumlah sampel 336
siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu Proportionate Stratified
Random Samoling dengan metode yang digunakan yaitu wawancara dan tes pada
konsep sel. tes yang diberikan menggunakan instrumen soal konsep sel
berdasarkan AAAS Science Assesment (http://assesment.aaas.org) dengan menguji
vaiditas instrumen menggunakan Rasch melalui aplikasi Winstep. Hasil penelitian
menunjukkan
siswa
SMA
Negeri
se-Kabupaten
Grobogan
mengalami
miskonsepsi dengan rata-rata presentase 49,08% pada kriteria sedang. Sekolah
yang mengalami miskonsepsi tertinggi yaitu SMA B dengan presentase 62,2%
sedangkan yang memperoleh miskonsepsi terendah yaitu SMA I dengan
presentase 24,43%. Hasil miskonsepsi dari 4 sub konsep sel, sub konsep 2
(meskipun ada banyak jenis sel yang berbeda daam ukuran, struktur dan fungsi
semua sel memiliki kesamaan karakteristik tertentu) sebagai sub konsep perolehan
miskonsepsi tertinggi dengan presentase 68,36% sedangkan sub konsep 4
(struktur tubuh yang berbeda terdiri dari berbagai jenis sel.) dengan presentase
21,24% sebagai sub konsep perolehan miskonsepsi terendah. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan
mengalami miskonsepsi dalam konsep sel pada kriteria sedang, faktor yang
menyebabkan terjadinya miskonsepsi yaitu kemampuan siswa dalam memahami
konsep sangat kurang, metode mengajar yang diterapkan oleh guru pada saat
pmbelajaran, serta konsep sel yang abstrak dan istilah-istilah asing sehinga sulit
untuk dipahami.
Kata Kunci : Konsep Sel. Miskonsepsi, AAAS Scence Assessment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:51
Last Modified: 22 Oct 2024 07:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item
View Item