ARIYANTO, CINDY STEFANNY PUTRI (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BA-CA BERBASIS METODE AHE UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
CINDY STEFANNY PUTRI ARIYANTO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
CINDY STEFANNY PUTRI ARIYANTO. NPM 16120204. “Pengembangan
Buku Ajar BA-CA Berbasis Metode Ahe Untuk Kelas I Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berdasarkan hasil
studi pendahuluan dan wawancara guru kelas satu di SD N Bugangan 01
Semarang masih banyaknya siswa kelas I sekolah dasar maupun siswa yang akan
memasuki sekolah dasar belum bisa membaca dengan baik dan lancar. Hal ini
dikarenakan guru belum menemukan bahan ajar membaca yang praktis, inovatif,
kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran membaca.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah karakteristik
Buku Ajar BA-CA Berbasis Metode Ahe Untuk Kelas I Sekolah Dasar ? 2)
Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan buku ajar BA-CA berbasis Metode Ahe
untuk kelas I sekolah dasar ? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah 1) Mengetahui bagaimanakah karakteristik Buku Ajar BA-CA Berbasis
Metode Ahe Untuk Kelas I Sekolah Dasar. 2) Mengetahui dan mengevaluasi
kevalidan dan kepraktisan Buku Ajar Berbasis Metode Ahe Untuk Kelas I
Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang
diterapkan dalam bidang pendidikan. Penelitian dan pengembangan yang sering
kita kenal dengan istilah Research and Development (R & D) adalah proses
pengembangan dan validasi produk Sugiyono dengan menggunakan prosedur
pengembangan hanya sampai dengan ujicoba produk. Berikut modifikasi peneliti,
yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
perbaikan desain, ujicoba produk.
Peneliti mengembangkan buku ajar membaca dengan hasil uji kevalidan
diperoleh berdasarkan penilaian ahli bahan ajar dengan skor 90,00% dengan
kategori “Sangat Layak” sedangkan skor penilaian ahli materi dengan skor
81,81% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji kepraktisan diperoleh
berdasarkan penilaian respon guru dengan skor rata-rata 92,18% dengan kategori
“Sangat Layak”
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa Buku Ajar BA-
CA Berbasis Metode Ahe valid dan praktis digunakan untuk siswa kelas I sekolah
dasar yang belum bisa membaca. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disampaikan sebagai saran peneliti bahwa Buku Ajar BA-CA Berbasis Metode
Ahe dapat digunakan untuk pembelajaran membaca yang praktis, kreatif, inovatif
dan menyenangkan.
Kata kunci : Pengembangan, Buku Ajar, Membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6047 |