HIDAYAH, CHABIBATUL (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI KADILANGU 1 DEMAK PADA MATA PELAJARAN IPS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
CHABIBATUL HIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
CHABIBATUL HIDAYAH, NPM 17120389. “Pengaruh Pembelajaran Jarak
Jauh terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri Kadilangu 1 Demak
Pada Mata Pelajaran IPS”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Pandemi COVID-19
yang menjadi pandemi global menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif
karena pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Banyaknya kontroversi
mengenai pembelajaran jarak jauh yang dilakukan siswa dirumah mulai dari
keterbatasan pengetahuan teknologi informasi, membuat prestasi belajar anak
menurun, serta penguasaan anak pada materi IPS kurang dari 100 persen. Selain
itu sarana dan prasarana yang kurang memadai. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah Bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap peningkatan
prestasi belajar siswa kelas 4 SD Negeri Kadilangu 1 Demak pada mata pelajaran
IPS ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh
terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 SD Negeri Kadilangu 1 Demak pada mata
pelajaran IPS selama proses pembelajaran jarak jauh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah One Shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas 4 SDN Kadilangu 1 Demak dengan sampel yang diambil adalah seluruh
siswa kelas 4 SDN Kadilangu 1 Demak yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini
menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling berbentuk sampling
jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Dari hasil analisis data 1 menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah
77,17 sedangkan nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata 66,47, serta
berdasarkan analisis uji t didapat thitung (6,209) ttabel (2,031) jadi H0 ditolak yang
artinya rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan tidak sama. Ditunjukkan
juga dalam uji regresi linier sederhana, hasil nilai Fhitung (35,935) untuk taraf
signifikansi α = 5% dan dk = (1, 32) maka nilai Ftabel = 4,17. Karena Fhitung > Ftabel
yaitu 35,935 > 4,12 maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh
yang dignifikan antara afektif siswa terhadap prestasi hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan yang dapat dilihat pada lampiran uji regresi linier
sederhana, diperoleh nilai r² = 0,528. Hal ini berarti bahwa pengaruh afektif siswa
terhadap prestasi hasil belajar siswa sebesar 52,8%, sedangkan sisanya
dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Kesimpulannya terdapat pengaruh
pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS,
dilihat dari menurunnya hasil belajar siswa setelah dilakukan posttest.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:38 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6040 |