ANALISIS KESULITAN GURU DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH: STUDI KASUS DI SD NEGERI 3 KLALING KUDUS

LESTARI, INDAH PUJI (2021) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH: STUDI KASUS DI SD NEGERI 3 KLALING KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDAH PUJI LESTARI.pdf] Text
INDAH PUJI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

INDAH PUJI LESTARI. NPM 17120370 “Kesulitan Guru dalam Internalisasi
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Program Belajar dari Rumah: Studi Kasus
di SD Negeri 3 Klaling Kudus”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021. Latar
belakang yang mendorong penelitian ini adalah sistem pembalajaran baru pada
program belajar dari rumah yang diberlakukan saat adanya kondisi Covid-19,
terkait dengan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter, yang ditandai dengan
adanya siswa yang terlambat masuk kelas (daring), tidak atau terlambat
mengerjakan tugas, dan sebagainya. Fokus penelitian ini adalah kesulitan guru SD
N 3 Klaling Kudus dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek guru kelas III, IV, V, dan
Kepala sekolah serta siswa SD N 3 Klaling Kudus. Data yang diperoleh
menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dari data yang
dideskripsikan yaitu pola kesulitan guru dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan
karakter pada program belajar dari rumah. Kecendrungan dalam pelaksanaan
kegiatan pembalajaran jarak jauh (online) salah satu kesulitannya penyampaian
materi yang terkait dengan adanya nilai karakter karena guru tidak secara
langsung atau tatap muka secara langsung. Dari hasil presentase karakter
pengisian angket menyatakan nilai karakter yang menempati presentase terendah
adalah nilai karakter peduli sosial 1%, jujur 1%, disiplin 1%, religius 3%,
toleransi 3%, kerja keras, 3%, demokratis 3%, dan gemar membaca 3%,. Jumlah
presentase nilai karakter terendah adalah 18%. Dapat disimpulkan bahwa guru
belum sepenuhnya menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada
program belajar dari rumah karena kesulitan atau keterbatasan guru dalam
penyampaian materi nilai karakter saat proses kegiatan pembelajaran. pola-pola
atau gambaran kesulitan guru dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di
SDN 3 Klaling Kudus, antara lain: a) mata pelajaran, b) bahan ajar, c) seleksi
dan keterkaitan dengan aspek nilai karakter, d) internalisasi nilai pendidikan
karakter pada proses BDR dan penugasan, e) sikap yang tampak dalam
internalisasi nilai pendidikan karakter, f) kesulitan guru dalam internalisasi nilai
pendidikan karakter, g) kesulitan internalisasi nilai pendidikan karakter di SDN 3
Klaling Kudus, h) faktor kesulitan internalisasi. Saran yang dapat disampaikan
peneliti adalah terkait dengan bagaimana guru mengelolah pelaksanaan
pembelajaran secara termasuk dengan penugasan dengan mengaitkan peristiwa
sekitar siswa secara langusung dan dalam kegiatan pembelajaran guru perlu
mengembangkan media pembelajaran yang aktif dan interaktif yang tidak lain
sebagai objek dalam internalisasi nilai-nilai pendiidkan karakter siswa.
Kata kunci: pendidikan karakter, internalisasi, belajar dari rumah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:37
Last Modified: 22 Oct 2024 07:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6038

Actions (login required)

View Item
View Item