PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN MATERI KOMUNIKASI DATA KELAS XI TKJ SMK YATPI GODONG TAHUN AJARAN 2020/2021 BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN VISUAL BLOCK PROGRAMMING PADA MIT APP INVENTOR

Handayani, Catur Lita (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN MATERI KOMUNIKASI DATA KELAS XI TKJ SMK YATPI GODONG TAHUN AJARAN 2020/2021 BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN VISUAL BLOCK PROGRAMMING PADA MIT APP INVENTOR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Catur Lita Handayani.pdf] Text
Catur Lita Handayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran teknologi layanan
jaringan materi komunikasi data yang kurang menarik dan media pembelajaran
yang digunakan masih secara konvensional sehingga siswa menjadi tidak semangat
dalam belajar semua berakibat pada hasil pembelajaran yang kurang memuaskan.
Maka untuk itu diperlukan media pembelajaran yang dikemas secara menarik, dan
dengan adanya perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk
membantu mengatasi masalah tersebut dengan cara mengembangkan media
pembelajaran teknologi layanan jaringan materi komunikasi data berbasis android.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan media
pembelajaran teknologi layanan jaringan berbasis android dan valid serta praktis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dan
penelitian (research and development) dengan model waterfall yang ada beberapa
tahapan requirement analysis, system design, implementation, system testing dan
maintenance. Desain produk ini meliputi data, navigasi, flowchart dan user
interface. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara , studi
literatur dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media mendapatkan hasil
rata-rata sebesar 96% dan ahli materi hasil presentase sebesar 84% sehingga dapat
disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran sangat valid dengan
kriteria sangat baik untuk digunakan. Presentase responden oleh siswa dengan uji
kepraktikalitas hasil rata-rata presentase sebesar 84,71% dapat disimpulkan bahwa
pengembangan media pembelajaran berbasis android sangat praktis dengan kriteria
sangat baik untuk digunakan.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Android, MIT App Inventor

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:36
Last Modified: 22 Oct 2024 07:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item
View Item