ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 01 PADURAKSA KABUPATEN PEMALANG

ARIYANI, CANDRA (2021) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 01 PADURAKSA KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of CANDRA ARIYANI 17120224.pdf] Text
CANDRA ARIYANI 17120224.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Candra Ariyani NPM 17120224. “Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam
Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 01 Paduraksa
Kabupaten Pemalang”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I:
Sukamto, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum.
Februari 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya keresahan
peneliti tentang perbedaan pola asuh orang tua dalam membimbing, mengarahkan,
dan mendidik anaknya di dalam rumah sehingga dapat berdampak pada hasil
belajar siswa dalam pembelajaran daring. Pola asuh orangtua merupakan salah
satu bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya dalam pemberian perhatian
untuk pendidikan karakter yang ingin ditampilkan pada diri anaknya dan juga pola
asuh orangtua merupakan bentuk kewajiban orangtua dalam memberikan hak
anaknya yaitu dalam pemberikan pendidikan yang baik untuk anaknya. Dalam
latar belakang orangtua siswa juga dapat mempengaruhi penerapan pola asuh
orangtua terhadap anaknya sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa di
sekolah dalam pembelajaran daring.
Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya sistem pembelajaran jarak
jauh menjadikan siswa harus belajar dari rumah sehingga menjadikan adanya
pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Karena data-data
yang diperoleh dari hasil penelitian bukan berupa angka-angka yang diolah
dengan statistik. Melainkan berupa kalimat deskiptif. Penelitian ini dilakukan
dengan cara observasi di sekolah dan di rumah siswa, wawancara dengan guru
kelas dan orang tua siswa, serta angket untuk siswa dan orang tua siswa.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti bahwa adanya
keterkaitan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa, karena dengan
penerapan pola asuh orang tua yang tepat memberikan dampak yang positif
terhadap hasil belajar siswa saat pembelajaran daring dan juga sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk guru agar dapat memberikan
inovasi pada media pembelajaran atau pada saat penyampaian materi agar tidak
terkesan monoton dan juga siswa dapat termotivasi agar lebih bersemangat saat
menerima materi yang disampaikan saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:30
Last Modified: 22 Oct 2024 07:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6033

Actions (login required)

View Item
View Item