YULFA, MIRNA MARITSA (2021) THINK PAIR SHARE SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi_Mirna Maritsa Yulfa_16410097.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mirna Maritsa Yulfa, Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran
Debat di SMA. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pgri
Semarang. Pembimbing I, Dr. Ngatmini, M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. H.R.
Utami, M. Hum,
Kata Kunci : Think Pair Share, Model, Pembelajaran Debat.
Penelitian ini dilatar belakangi pada kegiatan pembelajaran debat peserta
didik belum berani untuk menyampaikan pendapatnya atau berbicara di depan.
Peserta didik cenderung menjadi pendengar aktif dan hanya memperhatikan
materi-materi debat, sebab itu diperlukan inovasi pembelajaran agar minat belajar
bisa meningkat, salah satunya dengan menerapkan model think pair share yang
merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi
pola interaksi peserta didik, dimana guru mengajukan suatu pertanyaan, peserta
didik memikirkan jawaban dalam beberapa saat. Model think pair share pada
pembelajaran debat dapat menjadikan peserta didik langsung melakukan praktik
berkomunikasi dan menyampaikan pendapat. Berdasarkan latar belakang tersebut,
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Think Pair Share sebagai
model pembelajaran debat di SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research)
dengan pendekatan deskriptif analitis. Data dalam penelitian diperoleh melalui
studi dokumenter dengan mengkaji jurnal-jurnal penelitian. Data yang sudah
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode conten analalysis dan
deskriptif analitis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa think pair share dapat digunakan
sebagai model pembelajaran debat di SMA. Model think pair share menunjukkan
kelancaran proses pembelajaran sehingga dapat menunbuhkan partisipasi peserta
didik. Selama proses pembelajaran menciptakan kemampuan kerja sama dan
saling membantu antar peserta didik. Debat melalui think pair share menjadikan
peserta didik mampu berkerja sama dalam suatu tim untuk menyelesaikan suatu
masalah, menyelesaikan tugas atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama,
tipe ini memiliki keistimewaan selain bisa mengembangkan kemampauan
individualnya sendiri dengan berbagi ide/gagasan dalam kelompok dan antar
kelompok. Sementara itu, debat dalam keterampilan berbicara dituntut mahir
berbicara di depan kelas yang sekaligus peserta didik akan lancar mengolah
kebahasaaanya. Proses belajar mengajar debat dengan model think pair share
dapat menumbuhkan kerja sama peserta didik dalam belajar, menciptakan suasana
yang menyenangkan, nyaman dan rasa percaya diri dalam belajar.
Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu Pendidik hendaknya pendidik
memberikan variasi dalam pembelajaran, peserta didik hendaknya mampu
mengikuti pembelajaran dengan lebih kreatif, aktif, dan inovatif dan bagi peneliti
selanjutnya hendaknya bisa dijadikan sebagai pijakan awal oleh peneliti lain,
untuk melanjutkan penelitian yang telah ada ke arah penelitian yang lebih
sempurna sehingga dapat meningkatkan prestasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:29 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6025 |