Sari, Dina Mayang (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYER BRIGGS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
BISMILLAH SKRIPSI_17310013_ DINA MAYANG.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan karena sangat penting dalam
pembelajaran matematika, salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam
matematika yaitu pemahaman konsep, kemampuan pemahaman konsep merupakan
kemampuan dasar yang akan menuntun kita sampai pada kemampuan berpikir tingkat
tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari tipe kepribadian myer
briggs. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Blora tahun ajaran 2021/2022 yang
berjumlah 8 siswa dengan rincian 2 siswa dengan tipe kepribadian artisan, 2 siswa
dengan tipe kepribadian guardian, 2 siswa dengan tipe kepribadian idealist, dan 2 siswa
dengan tipe kepribadian rational. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tipe
kepribadian myer briggs, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data
dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber,
serta reliabilitas penelitian digunakan uji Kappa dan persentase kesepakatan. Penelitian
ini menggunakan bantuan software QSR NVivo untuk membantu manajemen dan
mengolah data penelitian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Siswa dengan
tipe kepribadian artisan belum mampu melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah
dengan baik dan benar (2) Siswa dengan tipe kepribadian guardian mampu melaksanakan
semua tahapan pemecahan masalah dengan baik dan benar.(3) Siswa dengan tipe
kepribadian idealist mampu melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah dengan
baik dan benar, dan (4) Siswa dengan tipe kepribadian rational mampu melaksanakan
semua tahapan pemecahan masalah dengan baik dan benar.
KataKunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Prosedur Polya Dan
Tipe Kepribadian Myer Briggs
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6019 |