PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA KELAS XI SMK N

Widigdo, Inang (2021) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA KELAS XI SMK N. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Inang Widigdo.pdf] Text
Inang Widigdo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Inang Widigdo “ Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning dan Discovery Learning Terhadap Keterampilan Psikomotorik Passing
Bawah Bola Voli pada Kelas XI SMK N 2 Semarang “, Program Studi Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi penguasaan gerak dasar yang masih rendah
dikarenakan cara melakukan teknik passing yang kurang benar. Cara mengajar
permainan bola voli menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa
kurang tertarik sehingga menjadikan siswa menjadi kurang aktif selama proses
pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada
keefektifan pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil
psikomotorik passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK Negeri 2
Semarang dan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil
psikomotorik passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK Negeri 2
Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Eksprimental Design (eksperimen semu) dengan desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan
data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK
N 2 Semarang, dengan sampel siswa kelas XI BDP 1 dan XI UPW 1.
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji hipotesis diperoleh t hitung
(22,669 < 29,556) yang berarti bahwa model pembelajaran problem based
learning dan discovery learning efektif dalam hasil psikomotorik passing bawah
bola voli pada siswa kelas XI SMK N 2 Semarang. Hasil keefektifan passing
bawah bola voli dengan model pembelajaran problem based learning sebesar
83,06. Sedangkan hasil keefektifan passing bawah bola voli dengan model
pembelajaran discovery learning sebesar 89,00. Berdasarkan hasil diatas dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif daripada
latihan problem based learning untuk keefektifan passing bawah bola voli pada
siswa kelas XI SMK N 2 Semarang, karena dari data tersebut nilai dari model
pembelajaran disecovery learning lebih besar dari problem based learning.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Discovery Learning, Keefektifan Passing
Bawah, Bola Voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:11
Last Modified: 22 Oct 2024 07:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item
View Item