KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM ASESMEN NILAI SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

PARATIWI, MAS HIDAYATI (2021) KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM ASESMEN NILAI SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IMAS HIDAYATI PARATIWI.pdf] Text
IMAS HIDAYATI PARATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah sistem dan kegiatan pembelajaran di Indonesia.
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara tatap muka beralih menjadi
pembelajaran daring melalui berbagai aplikasi yang sering digunakan yaitu
WhatsApp sampai aplikasi yang baru dikenal di dunia pendidikan seperti Zoom
Meeting, Google Meet, Google Classroom dan Quizizz. Perubahan yang terjadi
tentunya mempengaruhi proses penilaian yang dilakukan. Penelitian ini
merupakan kualitatif yang hasilnya dijabarkan secara deskriptif. Tujuan
dilaksanakannya penelitian ini untuk mengeksplor sejauh mana kesulitan yang
ditemukan guru matematika dalam asesmen nilai siswa menggunakan sistem
pembelajaran daring. Penelitian ini ditujukan kepada guru matematika pada
tingkat SMP Kota Semarang. Jumlah Subjek Penelitian ialah 2 guru. Data
dikumpulkan melalui angket serta wawancara, kemudian teknik analisis datanya
menggunakan deskriptif kualitatif. Hasilnya menjelaskan bahwa pembelajaran
daring banyak ditemukan kendala pada gawai, laptop , komputer ataupun internet
yang digunakan siswa sehingga mempengaruhi pada proses penilaian siswa. Oleh
sebab itu perlu evaluasi kembali terhadap tenaga pendidik dalam hal
merencanakan rangkaian pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Asesmen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:53
Last Modified: 22 Oct 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item
View Item