ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP PADA TEMA 4 KELAS VI SD NEGERI PENGKOL JEPARA

WAHYUDI, IMAM (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP PADA TEMA 4 KELAS VI SD NEGERI PENGKOL JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IMAM WAHYUDI.pdf] Text
IMAM WAHYUDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

IMAM WAHYUDI. NPM 17120343 “Analisis Pembelajaran Daring
Berbasis WhatsApp pada Tema 4 Kelas VI SD Negeri Pengkol Jepara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang 2021. Dosen Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd.,
H.Hum. dan Dosen Pembimbing II Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini yaitu adanya beberapa permasalahan yang
dialami oleh guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring
berbasis WhatsApp pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan serta problematika pembelajaran daring berbasis
WhatsApp pada tema 4 kelas VI SD Negeri Pengkol Jepara.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan apa
saja problematika pembelajaran daring berbasis WhatsApp pada tema 4 kelas VI
SD Negeri Pengkol Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket serta dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pengkol Jepara pada tahun ajaran
2020/2021.
Berdasarkan
temuan
hasil
penelitian
dapat
disimpulkan
bahwa
Pelaksanaan pembelajaran daring berbasis WhatsApp SD Negeri Pengkol Jepara
telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran daring sekolah tersebut
menggunakan WhatsApp sebagai media atau platform utama dalam melaksanakan
pemebalajaran daring. Terdapat beberapa problematika yang dialami oleh guru
diantaranya kesulitan kepemilikan sarana peserta didik yang sangat terbatas dan
kemudian waktu pembelajaran yang diberikan guru tidak sesuai oleh yang
diharapkan guru. Adapun problematika yang dialami peserta didik dalam
pembelajaran daring antara lain peserta didik tidak terlalu paham bahkan tidak
paham sama sekali dengan materi yang telah disampaikan guru karena hanya
berupa video pembelajaran. Kemudian peserta didik terlalu bosan serta kurang
minatnya dalam menyimak dan memahami video pembelajaran sampai selesai.
Kurangnya pemahaman peserta didik akhirnya dalam mengerjakan tugas atau
ulangan tidak bisa maksimal, asal-asalan bahkan tidak mengerjakan tugas.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
peserta didik diharapkan lebih termotivasi dan lebih mempersiapkan diri dalam
mengikuti pembelajaran daring berbasis WhatsApp pada masa pandemi COVID-
19. Guru diharapkan lebih mempersiapkan diri untuk mengembangkan perangkat
pembelajaran daring berbasis WhatsApp serta mendesain pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:50
Last Modified: 22 Oct 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5996

Actions (login required)

View Item
View Item