PERAN KELUARGA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MORAL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

ALFIANTI, ILMA (2021) PERAN KELUARGA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MORAL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ILMA ALFIANTI.pdf] Text
ILMA ALFIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ILMA ALFIANTI. NPM 17120350. “Peran Keluarga Dalam Memberikan
Pendidikan Karakter Pada Anak Untuk Meningkatkan Kualitas Moral Di
Lingkungan Masyarakat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah seiring berjalannya
waktu, negara Indonesia selalu mengalami permasalahan salah satunya yaitu
pendidikan karakter pada anak. Karakter seorang anak dapat terbentuk dengan
cepat yaitu dengan menirukan kejadian atau kegiatan yang dilihatnya secara nyata.
Maka dari itu, orang tua harus selalu mengawasi kegiatan anak ketika di rumah
maupun di luar. Disisi lain, pendidikan karakter juga perlu diberikan pada anak
saat berada di sekolah karena guru memiliki peranan penting. Seperti halnya di
kelas I SD Negeri Tluwah saat guru menerapkan pendidikan karakter di kegiatan
sehari – hari.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kualitas moral
anak di lingkungan masyarakat?, 2) bagaimanakah peran keluarga dalam
memberikan pendidikan karakter pada anak untuk meningkatkan kualitas moral di
lingkungan masyarakat?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas
moral di lingkungan masyarakat, dan untuk mengetahui peran keluarga dalam
memberikan pendidikan karakter pada anak untuk meningkatkan kualitas moral di
lingkungan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu didapatkan dari siswa kelas I SD Negeri Tluwah, guru kelas I,
dan orang tua siswa. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
angket.
Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas I yang mendapatkan pendidikan
karakter dari orang tua berjumlah 16 orang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 8
siswa laki – laki, memiliki karakter yang baik. Karakter tersebut antara lain,
tanggung jawab dengan yang dilakukan, jujur dalam berkata, toleransi antar
teman, mandiri dalam berperilaku, dan displin bertindak. Hal ini menunjukkan
bahwa orang tua sangat perlu menanamkan pendidikan karakter pada diri anak
terutama dari kecil. Supaya anak memilki moral yang meningkat dari kecil hingga
dewasa di lingkungan masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian guru dan orang tua merupakan kinerja yang
tepat untuk memberikan pendidikan karakter pada anak guna meningkatkan moral
saat berada di lingkungan sekitar masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:45
Last Modified: 22 Oct 2024 06:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5989

Actions (login required)

View Item
View Item