PRAKOSO, ILHAM SIGIT (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI SDN SUMBERMULYO KAB. REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ILHAM SIGIT PRAKOSO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Ilham Sigit Prakoso, NPM 17120341. “Analisis Proses Pembelajaran Daring
Pada Masa Pandemi Di SDN Sumbermulyo Kab. Rembang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn,M.Pd dan M. Arief Budiman,
S.S.,M.Hum. 2021.
Pada masa sekarang indonesia sedang dihadapkan oleh pandemi covid-19,
pandemi ini sangat berdampak pada kehidupan masyarakat diindonesia,salah
satunya dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong
pemerintah untuk melakukan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran
diindonesia yaitu dengan diberlakukannya pembelajaran daring atau jarak jauh
untuk mengantisipasi terjadinya siklus penularan didalam pembelajaran disekolah.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan termasuk kedalam jenis
penelitian fenomologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan atau
kejadian serta fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam proses
pembelajaran daring. adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh
peneliti menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah: 1). untuk
mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru Di SDN Sumbermulyo
dalam pembelajaran daring 2). untuk mengetahui hambatan apa saja yang biasa
terjadi dalam proses pembalajaran daring sesuai atau efektifkah jika dilakukan di
SD yang notabene masih diwilayah pedesaan maka dari itu penelitian ini berfokus
untuk mengetahui proses serta hambatan yang terjadi pada pembelajaran daring di
SDN Sumbermulyo kabupaten Rembang.
Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa proses pembelajaran
daring di SDN Sumbermulyo tepatnya di kelas V sudah cukup baik, peserta didik
dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yan dibutuhkan, hal itu
menunjukkan kesiapan yang dilakukan di SD ini. Guru juga sudah menyiapkan
perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik
seperti menggunakan media pembelajaran, Tetapi pembelajaran yang dilakukan
hanya menggunakan aplikasi whatsapp saja untuk memudahkan siswa dan orang
tua melakukan pembelajaran daring. Tetapi dengan pembelajaran daring ini malah
membuat adanya masalah seperti kurang pahamnya siswa yang membuat
pembelajaran maksimal dan ada beberapa kendala yang diamali beberapa siswa
tentang alat komunikasi yang dibutuhkan sehingga membuat siswa kesulitan saat
pembelajaran maupun mengerjakan tugas.
Berdasarkan proses pembelajaran pada penelitian ini saran yang dapat
peneliti sampaikan yaitu supaya lebih banyak lagi aplikais yang digunakan dalam
pembelajaran daring tidak hanya menggunakan satu apliasi dalam pembelajaran
daring dan guru harus lebih kreatif dan lebih inovatif lagi dalam mengembangkan
media pembelajaran. Agar siswa lebih mengerti dan lebih senang dalam
mengikuti pembelajaran.
Kata kunci : Analisis, Pembelajaran daring, Pandemi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:34 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5983 |