Putriyani, Listiya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS AUGMENTED REALITY. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_LISTIYA PUTRIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya daya berpikir kreatif yang berpengaruh pada
rendahnya hasil belajar siswa adalah penyampaian materi pembelajaran yang
hanya menggunakan metode ceramah. Metode ini dianggap guru sebagai metode
yang paling mudah tanpa perlu persiapan. Oleh sebab itu, peneliti
mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi
augmented reality (AR) pada pembelajaran sistem tata surya yang dilaksanakan
dengan pendekatan konstruktivisme. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan
metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD)
dengan model prosedur pelaksanaan penelitian ADDIE (Analize, design,
development, implementation, evaluation). Berdasarkan data hasil penelitian,
aplikasi ini dinyatakan valid oleh validasi ahli materi sebesar 92,5% dan validasi
ahli media sebesar 86,25%. Hasil angket respon siswa sebesar 97,27% yang
artinya sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini praktis
digunakan. Dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 81,36 lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 75,45 sehingga dapat disimpulkan
bahwa
“Media
Pembelajaran
Sistem
Tata
Surya
Dengan
Pendekatan
Konstruktivisme Berbasis Augmented Reality” efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5982 |