Nugrahawanti, Nimade Arumsari (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK SMA N 1 KEDUNGWUNI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NIMADE ARUMSARI NUGRAHAWANTI 19110066.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Nimade Arumsari Nugrahawanti. NPM 19110066 “Pengaruh Bimbingan
Kelompok Problem Based Learning Terhadap Perencanaan Karir
Peserta Didik SMA N 1 Kedungwuni”. Skripsi, Program Studi Bimbingan
dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan perencanaan karir
peserta didik di SMA N 1 Kedungwuni. Berdasarkan rumusan masalah,
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman pengaruh layanan
bimbingan kelompok problem based learning untuk meningkatkan
perencanaan karir peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah
Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest. Populasi dari
penelitian ini adalah kelas XI SMA N 1 Kedungwuni, dengan jumlah 324
peserta didik. Sampel yang diambil 20 peserta didik dengan menggunakan
Teknik purposive sampling.
Hasil dari penenlitian ini diketahui uji data hipotesis diperoleh dari
data pre-test dan post-test dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka dapat
dikatakan bahwa adanya perbedaan peningkatan perencanaan karir peserta
didik terhadap kelompok yang sudah diberikan treatment layanan bimbingan
kelompok problem based learning.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan yaitu
layanan bimbingan kelompok problem based learning dapat digunakanan
guru BK untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, Problem based learning, Perencanaan kari
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:44 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/598 |