PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MAJUDDA (TEMA WUJUD BENDA) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA KELAS III SD

RAMADHANI, LINTANG (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MAJUDDA (TEMA WUJUD BENDA) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA KELAS III SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_LINTANG RAMADHANI 17120120 (3).pdf] Text
SKRIPSI_LINTANG RAMADHANI 17120120 (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

LINTANG RAMADHANI. NPM 17120120. “Pengembangan Media Video
Majudda (Tema Wujud Benda) Berbasis Model Pembelajaran Picture And Picture
Menggunakan Aplikasi Filmora Pada Kelas III SD”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2021.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih dijumpai guru
dalam melaksanakan pembelajaran ada yang tidak menggunakan media
pembelajaran hanya memberikan tugas saja, ada juga guru menggunakan media
video pembelajaran sehingga siswa dapat berkonsentrasi dalam memahami materi
yang disampaikan. Namun guru belum pernah membuat kreasi media video
pembelajaran, tetapi hanya download video yang ada di internet. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pengembangan media video MAJUDDA
berbasis model pembelajaran picture and picture menggunakan aplikasi
Wondershare Filmora?, 2) Apakah media video MAJUDDA berbasis aplikasi
Wondershare Filmora valid digunakan?, 3) Bagaimana Kepraktisan penggunaan
media video MAJUDDA berbasis model pembelajaran picture and picture
menggunakan aplikasi Wondershare Filmora?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Mengetahui
pengembangan media video MAJUDDA berbasis model pembelajaran picture and
picture menggunakan aplikasi Wondershare Filmora, untuk mengetahui bagaimana
kevalidan media video MAJUDDA menggunakan aplikasi Wondershare Filmora,
untuk mengetahui efisien penggunaan media video MAJUDDA menggunakan
aplikasi wondershare filmora.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan Pengembangan dalam bentuk
Research and Development (R&D). Sampel yang diambil dalam bentuk Non
Probelity Sampling, Populasi penelitian adalah adalah seluruh siswa kelas III SD
Negeri Pandean Lamper 04 Semarang dan kelas III SD Negeri Sawah Besar 01
Semarang tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu, Untuk menguji kevalidan dalam penggunaan media
video MAJUDDA menggunakan aplikasi Wondershare Filmora 9 memvalidasi
produk yang dibuat kepada ahli media dan ahli materi, memperoleh nilai persentase
94,5% dari total seluruh indikator oleh ahli media, 84,4% dari total seluruh
indikator oleh ahli materi. Kemudian untuk menguji kepraktisan media video
MAJUDDA menggunakan aplikasi Wondershare Filmora 9 dengan melihat hasil
angket tanggapan siswa dan tanggapan guru, memperoleh nilai rata-rata persentase
92,85% dari tanggapan siswa di SDN Pandean Lamper 04 Semarang dan 100% dari
tanggapan siswa di SDN Sawah Besar 01 Semarang. Tanggapan guru di SDN
Pandean Lamper 04 Semarang diperoleh persentase dari total seluruh indikator
sebesar 94,28% dari tanggapan guru dalam materi pembelajaran diperoleh
persentase dari total seluruh indikator sebesar 90,66% dari tanggapan guru dalam
media pembelajaran. Tanggapan guru di SDN Sawah Besar 01 Semarang diperoleh
persentase dari total seluruh indikator sebesar 100% dari tanggapan guru dalam
materi pembelajaran diperoleh persentase dari total seluruh indikator sebesar 100%
dari tanggapan guru dalam media pembelajaran.
Kesimpulan produk media video MAJUDDA menggunakan aplikasi
Wondershare Filmora 9 yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:27
Last Modified: 22 Oct 2024 06:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item
View Item