PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SDN BUGANGAN 02 SEMARANG

FEBRIANTI, LENI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SDN BUGANGAN 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi_Leni Febrianti_16120265.pdf] Text
Skripsi_Leni Febrianti_16120265.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

LENI FEBRIANTI. NPM 16120265. “Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi
Pengukuran Panjang Dan Berat Kelas IV Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk
Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Di SD Negeri Bugangan 02
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd.,
M.Pd. Pembimbing II Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd. April 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih kurangnya
pengembangan bahan ajar yang mampu menunjang pembelajaran yang dikaitkan
dengan kehidupan sehari-hari. Masih banyak siswa yang kurang aktif dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran karena siswa lebih banyak mendengarkan
penjelasan yang diberikan oleh guru sehingga ketika siswa mengahadapi suatu
permasalahan siswa belum mampu menyelesaikan pemecahan masalah secara
langsung. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pembelajaran yang efektif dan
bahan ajar yang mendukung siswa bernalar.
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana
kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open ended pada materi pengukuran
panjang dan berat untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas IV?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan
kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open ended pada materi pengukuran
panjang dan berat untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas IV.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development/RnD) yaitu proses pengembangan
suatu produk yang baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada dan dapat
dipertanggung jawabkan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data
deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian validasi
konstruk, validasi isi, dan uji coba lapangan awal. Pengumpulan data didapatkan
dari hasil penilaian pada validasi konstruk, validasi isi dan uji coba lapangan awal
di SD Negeri Bugangan 02 Semarang.
Hasil penilaian validasi ahli konstruk tahap I diperoleh kevalidan rata-rata
76,8 dengan kriteria cukup baik pada validasi tahap II diperoleh kevalidan rata-
rata 90,9 dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi isi pada tahap I diperoleh
kevalidan rata-rata 76,4 dengan kriteria cukup baik pada validasi tahap II
diperoleh kevalidan rata-rata 87,1 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba
lapangan awal pada validasi konstruk diperoleh kevalidan rata-rata 87,6 dengan
kriteria sangat baik dan validasi isi diperoleh kevalidan rata-rata 89,3 dengan
kriteria sangat baik.
Kesimpulannya bahwa bahan ajar pada materi Pengukuran Panjang dan
Berat berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran
siswa yang telah dikembangkan sangat valid dan layak digunakan di kelas IV SD
Negeri Bugangan 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:21
Last Modified: 22 Oct 2024 06:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item
View Item