PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 31 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/ 2024

MUHAIMIN, RIZAL (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 31 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/ 2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIZAL MUHAIMIN 19410077.pdf] Text
RIZAL MUHAIMIN 19410077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan menunjukkan kurangnya
antusiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran
bahasa Indonesia. Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik
kurang memiliki fokus sehingga menyebabkan rasa bosan saat pembelajaran
berlangsung. Maka dibutuhkan metode khusus untuk menumbuhkan antusiasme
peserta didik agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Metode
demonstrasi merupakan metode mengajar dengan cara memperagakan barang,
kejadian, aturan, dan urutan dalam melakukan kegiatan, secara lagsung dan
penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi
yang telah disajikan. Metode ini diharapkan mampu membantu peserta didik lebih
fokus dalam mendengarkan atau memperhatikan guru di depan kelas ketika
menjelaskan materi.
Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka permasalahan timbul
bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks
eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 31 Semarang tahun ajaran 2023/ 2024?
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan metode
demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN
31 Semarang tahun ajaran 2023/ 2024. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi.
ix
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII dengan
menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi,
bisa terlihat bahwa rata-rata nilai peserta didik kelas VIII SMPN 31 Semarang
Tahun Ajaran 2023/2024 saat menulis teks eksplanasi secara umum yaitu pada
tingkatan cukup (70-80). Nilai rata-rata siswa dari kinerja tes menulis teks
eksplanasi yaitu 81,5 pada tingkatan cukup. Dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran dapat diterapkan untuk peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil test yang telah dikerjakan
oleh peserta didik. Hasil rata-rata test peserta didik mencapai 81,5 setelah pseserta
didik mengikuti pembelajaran teks eksplanasi menggunakan penerapan metode
demonstrasi.
Kata kunci: ketrampilan menulis, teks eksplanasi, metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:43
Last Modified: 08 Jan 2024 07:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item
View Item