ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TEMA 1-3 KELAS IV SD PADA BUKU PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KURNIAWAN, BAYU ADHI (2021) ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TEMA 1-3 KELAS IV SD PADA BUKU PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of BAYU ADHI KURNIAWAN.pdf] Text
BAYU ADHI KURNIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

BAYU ADHI KURNIAWAN. NPM 16120290. “Analisis Materi Pembelajaran
IPS Tema 1-3 Kelas IV SD Pada Buku Penerbit Kementerian Pendididkan dan
Kebudayaan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UNIVERSITAS PGRI
Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perubahan
pembelajaran IPS yang awalnya pembelajaran per mata pelajaran menjadi
pembelajaran tematik yang saat mempengaruhi penggunaan buku ajar dan ruang
lingkup IPS dan adanya materi pembelajaran yang tumpang tindih dalam
pembelajaran tematik di kurikulum 2013
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelompokan ruang lingkup
IPS pada buku tematik tema 1-3 kelas IV Pada buku Kemendikbud. Tujuan yang
hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui dan
menganalisis lebih lanjut tentang materi pembelajaran IPS tema 1-3 kelas IV di
sekolah dasar pada buku penerbit kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah buku tematik tema 1-3 kelas IV terbitan Kemendikbud. Data dalam
penelitian ini di peroleh melalui wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil analisis ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3
kemendikbud kelas IV terbitan kemendikbud terdapat maateri pembelajaran
antropologi dan geografi. Pada setiap tema hanya terdapat satu dan dua ruang
lingkup Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Ruang lingkup antropologi terdapat pada
tema 1 dan ruang lingkup geografi terdapat pada tema 2 dan 3. Tetapi hanya ada
di pembelajaran 1 dan 5 di persubtemanya.
Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh saran yang di dapat, maka
peneliti mengemukakan saran-saran perlu adanya penelitian yang lebih lanjut
dalam menganalisis materi ajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam buku ajar
tematik kelas IV tema 1-3 terbitan Kemendikbud dan perlunya adanya materi
tambahan dari buku pendamping untuk memenuhi materi yang belum tercantum
pada buku ajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:16
Last Modified: 22 Oct 2024 06:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item
View Item