DEVINA, IKA SIWI YULIAN (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA KELAS IV TEMA 2 SUB TEMA 2 GUGUS WISANGGENI KABUPATEN TEGAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ika Siwi Yulian Devina 17120345.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
IKA SIWI YULIAN DEVINA. NPM 17120345. “Pengembangan Video
Animasi Pmbelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Kelas IV Tema
2 Sub Tema 2 Gugus Wisanggeni Kabupaten Tegal ”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Uiversitas PGRI Semarang. Pembimbing I Husni
Wakhyudin, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd. 2021.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi siswa kelas IV selama ini
siswa kesulitan dalam memahami materi karena guru masih menerangkan dengan
cara yang monoton tanpa di sertai dengan bahan ajar maupun media yang sesuai
dengan karakter siswa kelas IV Sekolah Dasar. Oleh karena itu guru dan siswa
membutuhkan media yang lebih kreatif dan menarik salah satunya dengan
mengembangkan media Video Animasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah langkah
pengembangan media video animasi pada kelas IV tema 2 subtema 2 di Gugus
Wisanggeni? Bagaimanakah kelayakan media video animasi pada kelas IV tema 2
subtema 2 di Gugus Wisanggeni?
Tujuan dari penelitian dan pengembanganini ini yaitu 1)Untuk
medapatkan langkah pengembangan media video animasi pada kelas IV tema 2
subtema 2 di Gugus Wisanggeni? Utuk medapatkan kelayakan media video
animasi pada kelas IV tema 2 subtema 2 di Gugus Wisanggeni?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Resarch
and Development yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan
menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Prosedur pengembangan yang
digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis,
Design,
Development,
Implementation,
Evaluation).
Penelitian
dan
pengembangan ini dilaksanakan di tiga sekolah pada Gugus Wisanggeni yaitu
SDN Cintamanik 01, SDN Cintamanik 02 dan SDN Cintamanik 03.
Hasil validasi dari dua ahli materi menunjukkan rata-rata persentase87,5%
dan dari dua ahli media menunjukkan rata-rata 87,5%dengan kategori “sangat
baik” dan layak digunakan. Hasil tanggapan guru didapati hasil persentase
95,37% dan angket tanggapan siswa mendapat persentase 100%. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat
baik” dan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran tematik kelas IV
tema 2 subtema 2 manfaat energi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5958 |