ANALISIS HOTS PADA INSTRUMEN PENILAIAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

HAKIM, BAHTIAR RAHMAN (2021) ANALISIS HOTS PADA INSTRUMEN PENILAIAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of BAHTIAR RAHMAN HAKIM.pdf] Text
BAHTIAR RAHMAN HAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahtiar Rahman Hakim. NPM 14120189. “Analisis HOTS Pada Instrumen
Penilaian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembelajaran di sekolah dasar tidak cukup hanya memberikan informasi
yang bersifat hafalan saja namun perlu mengembangkan kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa atau higher order thinking skills (HOTS).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan berpikir
tingkat tinggi (HOTS) pada instrumen penilaian siswa kelas IV sekolah dasar?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada instrumen penilaian siswa kelas
IV sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini instrumen penilaian pada seluruh mata pelajaran yang
digunakan oleh guru dalam melaksanakan penilaian pada pembelajaran. Teknik
pengumpulan data yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif
(Interactive Model of Analisys) yang memiliki tiga komponen yaitu: reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: hasil analisis yang
dilakukan terhadap soal objektif (Soal Tes 1 sampai dengan soal Tes 4) diperoleh
10 butir soal yang memenuhi kriteria pengembangan soal HOTS (High Order
Thinking Skills) dan 95 butir soal yang tidak memenuhi kriteria HOTS (High
Order Thinking Skills). Secara keseluruhan setelah dilakukan analisis dengan
menggunakan pedoman analisis soal berbentuk kriteria pengembangan HOTS
(High Order Thinking Skills) dan menentukan kriteria penilaian terhadap masing-
masing soal, maka diperoleh jumlah nilai sebesar 56. Setelah dihitung rata-rata
nilainya, diperoleh rata-rata nilai sebesar 2,8. Rata-rata nilai tersebut jika dilihat
dari kriteria penilaian masuk pada kriteria cukup baik, yaitu berada pada rentang
nilai 2,51 sampai dengan 3,50. Dilihat dari kriteria penilaian soal secara
keseluruhan tersebut, maka penggunaan HOTS (High Order Thinking Skills) pada
soal objektif tes dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV
SD Negeri Werdoyo ini sebagian besar tidak memenuhi kriteria pengembangan
soal HOTS (High Order Thinking Skills).
Saran untuk guru, hendaknya guru menyusun soal-soal HOTS dalam setiap
evaluasi agar siswa terbiasa mengerjakan soal HOTS sehingga akan meningkatkan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:43
Last Modified: 22 Oct 2024 02:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item
View Item