ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SDN TAWANGREJO

PUTRA, BAHARUDIN NUGRAHA (2021) ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SDN TAWANGREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of BAHARUDIN NUGRAHA PUTRA.pdf] Text
BAHARUDIN NUGRAHA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Baharudin Nugraha Putra NPM 16120332. “Analisis Pengaruh Game
Online Terhadap Motivasi Belajar Anak Di SDN Tawangrejo”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Purwadi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing
II Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd. Maret. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak anak yang
sangat gemar bermain game online. Dan banyaknya keluh kesah dari orangtua
yang mengatakan bahwa anak lebih sering bermain handphone dibandingkan
dengan belajar dan membantu orang tua. Sehingga peneliti ingin melaksanakan
penelitian ini untuk menganalisis pengaruh game online terhadap motivasi belajar
anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
game online terhadap motivasi belajar anak khususnya untuk anak usia kelas dasar
karena banyak kasus anak usia sekolah dasar yang gemar bermain game online
dibandingkan belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV, guru, dan wali murid
SDN Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Data yang diperoleh
menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh bahwa peneliti mengetahui pengaruh game
online terhadap motivasi belajar anak yang mengakibatkan motivasi belajar dan
hasil belajar anak menjadi menurun.
Dapat disimpulkan bahwa game online mempengaruhi motivasi belajar
dan hasil belajar anak sehingga dapat mengakibatkan motivasi belajar dan hasil
belajar anak menjadi menurun. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil raport siswa
yang sangat terpengaruh game online mendapatakn hasil belajar yang cukup
diperoleh 2 anak, selanjutnya anak yang terpengaruh terdapat 1 anak yang
mendapat hasil belajar cukup dan 2 anak dengan hasil belajar baik. Kemudian
anak yang mendapat sedikit pengaruh maupun tidak terpengaruh game online
terdapat 14 dengan hasil belajar baik dan 3 anak dengan hasil belajar sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:41
Last Modified: 22 Oct 2024 02:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item
View Item