MEDIA FLASHCARD SEBAGAI WAHANA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

WICAKSONO, HERMAWAN (2021) MEDIA FLASHCARD SEBAGAI WAHANA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_HERMAWAN WICAKSONO_16120419.pdf] Text
SKRIPSI_HERMAWAN WICAKSONO_16120419.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

HERMAWAN WICAKSONO. NPM 16120419. “Media Flashcard Sebagai
Wahana Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2021. Pembimbing I Drs. Suyitno, M.Pd. dan
Pembimbing II Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ditemukannya
peningkatan hasil belajar keterampilan membaca dalam penggunaan media
Flashcard sebagai daya bantu aktivitas belajar.
Permasalahan pada penelitian ini bagaimana peningkatan keterampilan
membaca siswa SD melalui media Flashcard. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis media Flashcard dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa
sekolah dasar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
Literarur atau sering dikenal dengan istilah penelitian Kepustakaan (Library
Research).
Hasil analisis artikel media Flashcard sebagai wahana keterampilan
membaca siswa sekolah dasar menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan
tiap siklus yaitu keterampilan membaca permulaan artikel Peningkatan Membaca
Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar
dengan presentase kenaikan sebesar 24,14%, peningkatan tertinggi yaitu
keterampilan membaca permulaan artikel Meningkatkan Kemampuan Membaca
Permulaan Melalui Media Flashcard pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Bagi Siswa Kelas I SDN 35 Nungga Kota Bima dengan jumlah rata-rata 95%,
peningkatan terendah
yaitu keterampilan membaca pemahaman artikel
Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca
Pemahaman Peserta Didik Kelas III SDN Tegalayu No.96 Surakarta Tahun
Ajaran 2019/2020 dengan jumlah rata-rata semua siklus 44%.
Saran yang dapat disampaikan yaitu media Flashcard dapat meningkatkan
hasil belajar keterampilan membaca sehingga media Flashcard dapat digunakan
untuk menunjang aktifitas pembelajaran dalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:42
Last Modified: 22 Oct 2024 02:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item
View Item