PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI FAKTORISASI PRIMA KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SDN TANDANG 3 SEMARANG

NUGROHO, BAGUS PRASETYO (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI FAKTORISASI PRIMA KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SDN TANDANG 3 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of BAGUS_PRASETYO_N_16120383.pdf] Text
BAGUS_PRASETYO_N_16120383.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

BAGUS PRASETYO NUGROHO. NPM 16120383. “Pengembangan Bahan
Ajar Pada Materi Faktorisasi Prima Kelas IV Berbasis Pendekatan Open-ended
Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Di SDN Tandang 3
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Joko Sulianto,
S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Singgih Adhi P S.Sn., M.Pd. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangny bahan
ajar dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDN Tandang 3 Semarang.
Kurangnya kemampuan penalaran siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta
belum adanya pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended pada
SDN Tandang 3 Semarang.
Permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimanakah ketersediaan
bahan ajar yang sekarang digunakan untuk meningkatkan penalaran di sekolah?,
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengembangkan dan
menguji kelayakan bahan ajar pada materi faktorisasi prima berbasis pendekatan
open ended untuk meningkatkan kemampuan penalran siswa SDN Tandang 3
Semarang.
Penilitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Developement). Subjek dalam penelitian ini adalah empat validator ahli (Ahli
materi, Ahli media, dan Guru kelas). Instrumen yang digunakan berupa angket
validasi isi dan kontruk, dan angket uji coba lapangan awal. Analisi data yang
digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Model yang digunakan dalam penelitian
pengembangan produk bahan ajaryaitu Borg and Gall. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini dari penilaian validasi isi, validasi kontruk, dan uji coba lapangan
awal di SDN Tandang 3 Semarang.
Hasil analisi angket validasi ahli materi didapatkan skor rata-rata sebesar
54% pada tahap I dengan kategori “Cukup Layal” dan “Revisi”, kemudian pada
tahap II mengalami peningkatan skor sebesar 90,5% dengan kategori “ Sangat
Layak” dan “Tidak Revisi”. Sedangkan pada validasi media mendapatkan skor
51% dengan kategori “Cukup Layak” dan “Revisi” pada tahap I, kemudian pada
tahap II mengalami peningkatan skor sebesar 89% dengan kategori “Sangat
Layak” dan “Tidak Revisi”. Hasil uji coba lapangan awal terhadap satu guru kelas
IV di SDN Tandang 3 Semarang mendapat rata-rata skor sebesar 90% pada
penilaian validasi isi materi dengan kategori “Sangat Layak” dan “Tidak Revisi”
dan pada validasi struktur bahan ajar mendapat skor 90% dengan kategori “Sangat
Layak” dan “Tidak Revisi”.
Kesimpulannya Bahan Ajar Materi Faktorisasi Prima Kelas IV Berbasis
Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa bisa
digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang penulis sampaikan diharapkan
guru tidak hanya mengunakan satu bahan ajar saja. Setidaknya guru mengunakan
penunjang bahan ajar lainya untuk menunjang bahan ajar utama.
Kata Kuni : Pendekatan Open Ended, Bahan ajar, Kemampuan penalaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:40
Last Modified: 22 Oct 2024 02:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item
View Item