PEMANFAATAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

PAMUNGKAS, ERDO OKTA (2021) PEMANFAATAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_ERDO OKTA PAMUNGKAS_16120493.pdf] Text
SKRIPSI_ERDO OKTA PAMUNGKAS_16120493.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ERDO OKTA PAMUNGKAS. NPM 16120493. .” Pemanfaatan Komik Sebagai
Media Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Penggunaan media
komik diharapkan mampu membuat siswa lebih tertarik terhadap kegiatan
pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai . Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran di
sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan Literatur atau sering dikenal dengan istilah
penelitian Kepustakaan dengan data sekunder sebagai sumbernya. Sumber dari
penelitian ini didapat berdasarkan dari jurnal ilmiah. Subjek penelitian yaitu dari
beberapa jurnal atau artikel dan skripsi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan
teknik pengumpulan data kepustakaan, dan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dan pengkajian kepustakaan yang berjumlah
lima artikel, maka dapat disimpulkan media komik digunakan tidak hanya untuk
mata pelajaran Bahasa Indonesia saja ternyata media komik bisa digunakan untuk
mapel Agama yang mempermudah siswa dalam memahami isi cerita dan secara
tidak langsung membuat siswa fasih dalam membaca Al-Qur’an. Dan dalam mata
pelajaran IPA media komik sangat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan
afektif siswa. Sedangkan dalam mata pelajaran Matematika dengan menggunakan
komik dapat mempermudah pembelajaran metematika di kelas V Sekolah Dasar,
walaupun dengan sintak yang berbeda media komik tetap dapat menarik minat
belajar siswa dan meningkatkan hasil belajarnya di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:21
Last Modified: 21 Oct 2024 08:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item
View Item